FLS2N Ajang Tingkatkan Nilai Seni Yang Berakar Pada Budaya

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, diwakili Sekretaris Dinas, Husein secara resmi membuka pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Maluku, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berlangsung di Lt IV Grand Avira Hotel, Kota Ambon, Kamis, 13 Juli 2023.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdis, Sangadji mengatakan, kesenian dan kebudayaan merupakan bagian kecerdasan olah fikir, olah rasa, olah hati, olahraga dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia.

Menurutnya, pemerintah Maluku berupaya menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan melalui berbagai kegiatan baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun pembentukan karakter anak bangsa.

Perwujudan kegiatan itu, disusun berbagai kebijakan dan strategi yang dijabarkan dalam bentuk program dan dilaksanakan secara berjenjang terpadu dan terkoordinasi ditingkat sekolah, Provinsi dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang nantinya akan mewakili Maluku ditingkat nasional.

Dengan FLS2N ini diharapkan, peserta didik SMK tetap dapat berkarya berkreasi, berinovasi dan berprestasi. “Saya harapkan, peserta dan sekolah dapat menjadikan ajang ini sebagai wahana efektif dalam mengekspresikan kreasi dan kompetensi serta meningkatkan jiwa Seni dan nilai tradisi yang mengakar pada budaya, ” harapnya.

Begitu juga meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni serta berkembangnya sikap kompetitif dalam diri anak anak yang seimbang antara perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan adat istiadat, karakter, budaya, sehingga bakat dan potensi diri dibidang Seni dan sastra di Provinsi Maluku terus berkembang.

Sementara itu di ajang ini, sejumlah siswa yang mewakili masing masing SMKN ditetapkan sebagai pemenang disetiap bidang lomba.

Untuk bidang lomba Gitar Solo, juara satu diraih siswa SMK Negeri 7 Ambon, Juara dua SMKN 2 Ambon, Juara Tiga SMKN 6 Ambon.

Bidang Lomba Monolog, Juara satu diraih siswa SMKN 4 Ambon, Juara dua SMK Muhammadiyah Ambon dan Juara tiga SMKN 6 Kabupaten Maluku Barat Daya.

Tari Kreasi, juara satu SMKN 4 Ambon, juara dua, SMKN 7 Ambon dan juara tiga SMKN 1 Ambon.

Vokal Solo, Juara 1 SMKN 6 Ambon, juara dua SMKN 6 Ambon dan Juara Tiga SMKN 1 Ambon

Film Pendek, Juara Satu, SMK Muhammadiyah Ambon, Juara 2 SMKN 4 Ambon dan Juara 3 SMKN 5 Ambon

Bidang lomba Kriya, juara Satu SMK Muhammadiyah Ambon, Bidang lomba Cipta Lagu,juara 1 SMKN 7 Ambon dan bidang lomba Musik Tradisional Juara satu SMKN 1 Ambon, juara dua SMKN 5 Maluku Tengah.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Annisa mengatakan, para siswa yang meraih juara satu singkat Provinsi Maluku nantinya mewakili Maluku ke ajang FLS2N Tingkat Nasional. (***)

  • Bagikan