Elake: AT “Pemain” Berjiwa Petarung

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Postingan Anggota DPR RI asal Maluku, Abdullah Tuasikal (AT), di beranda Facebooknya (FB), yang seolah memberi sinyal akan bergabung atau berpasangan dengan petahana Gubernur Maluku, Murad Ismail, di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku tahun 2024 mendatang, kian ramai diperbincangkan.

Nathaniel Elake, salah seorang akademisi yang juga teman dekat AT, sampai menghubungi media ini untuk ikut berkomentar mengklarifikasi opini atau wacana yang berkembang di dunia maya (sosial media/ sosmed) dan dunia nyata, yang meyakini bahwa keduanya bakal berpasangan.

“Sebagai teman dekat AT, saya perlu mengklarifikasi hal ini, karena banyak juga orang bertanya-tanya ke saya, kok AT seperti itu. Dan saya sudah coba berkoordinasi dengan AT via telepon, namun AT lagi sementara rapat jadi belum tersambung,” katanya, kepada koran ini via telepon, Kamis, 13 Juli 2023.

Menurut Elake, AT adalah “pemain” yang berjiwa petarung, sehingga sangat tidak mungkin AT akan berpasangan dengan MI di Pilgub Maluku 2024. Apalagi, karakter AT sangat nasionalis yang sangat memperhatikan representasi rakyat, dan itu sudah dilakukannya sejak memimpin KNPI dulu.

“Misalnya mau maju gubernur dan wakil gubernur, lalu nomor 1 dan nomor 2 dari komunitas yang sama, itu bukan tipe AT karena AT adalah orang nasionalis. Sehingga kalau itu diopinikan sebagai sinyal AT untuk Pilgub dan dia mau jadi nomor 2 untuk MI, itu tidak mungkin terjadi. Karena karakter AT tidak seperti itu,” terangnya.

“Apalagi, kita semua belum tau apa maksud dari postingan AT di akun FB-nya, dan kita juga belum mendengar langsung pernyataan dari mulut AT. Namun selaku teman dekat, saya kenal baik AT itu orang nasionalis,” tambahnya.

Elake menilai, AT malah sangat potensial untuk maju sebagai calon Gubernur Maluku. Sebab, AT memiliki banyak pengalaman dalam memimpin rakyat. Yakni, pernah menjadi Bupati Maluku Tengah (Malteng) dua periode dan saat ini sebagai anggota DPR RI.

“Peluang AT juga mengingat dia memiliki sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya materi. Sehingga, peluang-peluang itu ada, asalkan AT mau pasti bisa,” jelasnya.

Sementara itu, AT yang coba dikonfirmasi media ini melalui pesan WhatsApp (WA), tidak merespon hingga berita ini diterbitkan. Padahal, pesan yang dikirim langsung tercentang dua alias masuk.

Untuk diketahui, Abdullah Tuasikal atau yang akrab disapa AT, mengunggah foto dirinya bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail, di laman FB-nya pada Rabu, 12 Juli 2023. Dalam postingan foto tersebut, AT menuliskan “Tetangga Waihong Tetap Baku sayang..Mawe 4 Bulan Yg Lalu MI no 1, AT no 2 Kalau Bergabung Utk MI.. Seng Ada Yg Lawan”. (RIO)

  • Bagikan