LPM IAIN Ambon Gelar Workshop Orientasi LAM dan Diseminasi Standar Mutu Berbasis IKU-IKT

  • Bagikan

WORKSHOP, – Trainner Penjaminan Mutu yang juga Asesor BAN PT dan LAMDIK, Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd selaku Narasumber dalam Workshop LPM Gelar Workshop Orientasi LAM dan Diseminasi Standar Mutu Berbasis IKU-IKT IAIN Ambon, di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat, Kamis, 13 Juli 2023. Foto: IST

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Workshop Orientasi LAM dan Desiminasi Standar Mutu Berbasis IKU-IKT, yang berpusat di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat IAIN Ambon, Kamis, 13 Juli 2023.

Workshop diikuti peserta sebanyak 40 orang terdiri dari; para Wakil Dekan, para Ketua dan Sekretaris Program Studi, Kabag Umum, Akademik dan Kemahasiswaan, serta para kepala UPT di lingkup IAIN Ambon.

Kegiatan dengan tema “Akreditasi Unggul Menyongsong UIN Abdul Muthalib Sangadji Ambon”, dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutannya menyatakan, perubahan regulasi pada kegiatan akreditasi yang sebelumnya dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan kini ditangani oleh Badan Akreditasi Mandiri (LAM), untuk meningkatan kualitas dan mutu pelayanan perguruan tinggi.

SAMBUTAN, – Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si memberikan sambutan pada pembukaan Workshop Orientasi LAM dan Diseminasi Standar Mutu Berbasis IKU-IKT di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat, Kamis, 13 Juli 2023. Foto: IST

Peralihan ini, memiliki konsekuensi yang harus dipenuhi oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk IAIN Ambon dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Sebab itu, Rektor meminta kepada seluruh pimpinan terutama di tingkat fakultas dan program studi, agar terus memantapkan sistem pelayanan yang berbasis mutu dan data, sesuai regulasi yang diterapkan oleh LAM. Terhadap Prodi yang telah mengusulkan pelaksanaan akreditasi, kiranya dapat menyiapkan diri dari sekarang, sehingga pada waktunya proses akreditasi dapat berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. “Untuk Prodi yang akan divisitas oleh LAM, harus secepatnya menyiapakan diri dengan kriteria-kriteria yang telah digunakan oleh LAM,” kata Rektor mengingatkan.

Di kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan kabar rencana pengalihan status program studi dari nama Tadris ke Prodi umum. Misalnya, Tadris Bahasa Arab dan Tadris Bahasa Indonesia, akan beralih menjadi Program Studi Bahasa Indonesia dan Program Studi Bahasa Arab. “Dalam waktu dekat, kebijakan ini sudah dikeluarkan. Sehingga, Program Studi dengan status Tadris, sudah harus berbenah dan menyiapkan segalanya untuk menyambut kebijakan tersebut,” ingat Rektor.

Lebih mendalam soal kegiatan Workshop ini, menurut Rektor, tentang kesiapan sumber daya manusia dan kelembagaan secara umum. Di mana, peralihan kegiatan akreditasi dari BAN-PT kepada LAM, harus disikapi dari semua aspek. Mulai dari tenaga sumber daya manusianya, maupun kesiapan sarana dan prasarananya. Sebab, penilaian pada LAM, belum tentu akan sama dengan penilaian sebelumnya lewat BAN-PT. Sehingga, seluruh stakeholde dan perangkat yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan yang berbasis mutu, sudah harus dibenahi dan disiapkan lebih baik dari sekarang.

Kesempatan ini, Rektor juga menyampaikan peningkatan disiplin di lingkup IAIN Ambon yang terus membaik, pasca diberlakukannya apel rutin setiap pagi. Memang, pelaksanaan apel pagi bagi pegawai dan pimpinan di lingkup IAIN Ambon, baru diterapkan dua bulan terakhir. Kendati belum sepenuhnya diikuti oleh pegawai, karena baru penyesuaian namun, perubahan dan peningkatan disiplin waktu para pegawai terus bertambah.

Rektor mengakui, apel pagi bagi pegawai dan pimpinan ini akan diterapkan pada seluruh PTKIN, dan IAIN Ambon sudah mendahuluinya sejak dua bulan terakhir.

Workshop Orientasi LAM dan Diseminasi Standar Mutu Berbasis IKU-IKT IAIN Ambon, Kamis, 13 Juli 2023.

Ia berharap, kebijakan perubahan yang dapat mendukung kemajuan pembangunan IAIN Ambon, dan kedisiplinan pegawai, kiranya menjadi perhatian bersama untuk dilaksanakan. Sehingga, kampus yang bertajuk “Hijau Manis” tersebut ketika beralih menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Abdul Muthalib Sangadji Ambon, sudah dilaksanakan dengan manajemen mutu dan pelayanan prima untuk kemaslahatan pembangunan Maluku, bangsa dan negara.

Rektor berharap, seluruh peserta yang ikut pada kegiatan ini, dapat menyimak dengan baik materi dan metode pengisian dokumen, guna meningkatkan nilai akreditasi yang telah ada di masa mendatang.

Workshop yang berlangsung hingga Jumat, 14 Juli 2023 ini, menghadirkan dua Narasumber, yakni Trainner Penjaminan Mutu/Asesor BAN PT dan LAMDIK, Dr. H. Fajri Ismail, M.Pd., dan Asesor LAMEMBA, Indrawati, M.Pd. (WHL)

  • Bagikan