Kembangkan SDM, UT Ambon- Kemenkumham Maluku Bersilaturahmi

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Civitas akademik Universitas Terbuka (UT) Ambon gelar silaturahmi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Maluku, Senin 10 Juli 2023.

Saat silaturahmi, Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori. S.IP., M.AP didampingi Ka Subbag TU dan Marketing Nonce Wattimena, S.Pd dan Dosen FHISIP Rahman Hasim, S.IP.M.Si bertemu langsung Kakanwil Kemenkumham Maluku, HM Anwar MH di ruang kerja Kakanwil.

Silaturahmi tersebut disebutkan untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) serta mempererat hubungan kemitraan yang sudah terjalin selama ini.

Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori menjelaskan, UT selalu siap membantu meningkatkan kapasitas ASN Kanwil Kemenkumhan Provinsi Maluku yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Sekaligus menindaklanjuti kerja sama yang sudah terjalin sejak tahun 2019 antara UT Pusat dengan Kemenkumham RI.

“Kami berharap dari pertemuan ini, untuk implementasi di tingkat Provinsi Maluku, maka UT Ambon bisa diberikan kesempatan untuk menyosialisasikan program Universitas Terbuka kepada para CPNS Kakanwil Kemenkumham Maluku yang baru saja dilantik agar lebih mengenal UT dan dapat bergabung bersama UT Ambon,” jelas Yuli.

Menyambut baik kunjungan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Maluku, HM Anwar, M.H menyampaikan apresiasi atas perhatian UT Ambon terhadap SDM yang ada di jajaran Kemenkumham.

Menurutnya, pendidikan sangatlah penting guna menunjang tugas pokok dan fungsi Kemenkumham yang bakal bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kehadiran Universitas Terbuka di Ambon sangat mempermudah para pegawai untuk dapat mengakses pendidikan, mengingat sistem yang dibangun oleh UT sendiri menyesuaikan dengan jam kerja para pegawai sehingga benturan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi di kantor dan tugas kampus tidak menemui kendala yang berarti,” lanjut Anwar.

ASN Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, tersebar di 20 Satker yang ada di Kota Ambon dan di luar Ambon. Sebagian besar ASN Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku sendiri sudah melanjutkan pendidikannya di Universitas Terbuka.

Hal ini mengingat sistem dan waktu belajar yang fleksibel sehingga tidak mengganggu tugas dan tanggungjawabnya segagai seorang pegawai. Latar belakang program studi yang dipilih juga beragam.

Prodi Ilmu Hukum merupakan salah satu program studi yang diminati di Universitas Terbuka Ambon khususnya oleh sebagian besar mahasiswa yang berasal dari ASN Kanwil Kemenkumhan Provinsi Maluku.

Jika dikalkulasi secara nasional dari semua UT Daerah termasuk UT Ambon, total terdapat 54.405 mahasiswa Prodi Ilmu Hukum. Jumlah ini menempati urutan ketiga dari program studi dengan jumlah mahasiswa terbanyak. Di urutan pertama ditempati Prodi Manajemen dengan jumlah mahasiswa 95.512, dan Prodi PGSD dengan jumlah mahasiswa sebanyak 89.786.

Saat ini juga UT telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma hingga tanggal 8 Agustus 2023. Terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari diploma, S1, S2, hingga S3 dengan pilihan studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pendaftaran calon mahasiswa bisa melalui laman ambon.ut.ac.id ataupun laman sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon. (SSL)

  • Bagikan