BPBD: Penanganan Darurat Dilakukan Selesai Banjir

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Maluku Ismail Usemahu, mengatakan, penanganan darurat atas lepasnya dua bentangan jembatan Wae Kawanua di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), akan dilakukan selesai banjir.

“Saya sudah koordinasi dengan instansi terkait, dalam hal ini Balai Jalan, dan telah disiapkan rangka beling untuk bentangan jembatan ketiga dan ke empat yang saat ini ada lepas. Namun harus menunggu sampai selesai banjir baru dilakukan penanganan darurat,” katanya, kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku, Rabu, 12 Juli 2023.

Dia menjelaskan, jembatan dengan panjang 480 meter dan panjang bentangan masing-masing 60 meter ini, merupakan jembatan penghubung antara Kecamatan Tehoru dan Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah, serta Kecamatan Werinama Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

“Jembatan tersebut lepas atau putus lantaran hujan deras disertai banjir dan hingga saat ini belum bisa dijangkau oleh warga. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas warga karena akses untuk menjangkau kecamatan maupun kabupaten terbengkalai,” jelas Usemahu.

Selain itu, terkait rusaknya Jembatan Waetonetana di kawasan Waipia, Kabupaten Maluku Tengah, kata Usemahu, telah ditangani oleh Balai Jalan Nasional.

” Untuk jembatan yang kemarin rusak di Waetonetana sudah langsung ditangani oleh Balai Jalan Nasional dan akses jalan dapat dijangkau oleh warga,” pungkasnya. (AR/ RIO)

  • Bagikan