Empat SMA di Ambon Paling Diminati

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Empat sekolah di Kota Ambon miliki jumlah peminat terbanyak. Keempat sekolah tersebut ialah, SMA Negeri 1 Ambon, SMA Negeri 2 Ambon, SMA Negeri 11 Ambon, dan SMA Negeri 13 Ambon.

“Mau bilang masalah juga tidak. Tetapi peminatnya banyak, terutama di SMA Negeri 1 Ambon, SMA Negeri 2 Ambon, SMA Nsgeri 11 Ambon, dan SMA Negeri 13 Ambon,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Attapary saat diwawancarai di ruang Komisi IV DPRD Maluku, Senin (10/7/2023).

Dikatakan, walaupun sudah ada laporan penerimaan siswa baru SMA SMK, bahwa ada murid-murid yang tidak terdaftar di sekolah.

Walaupun sudah berdasarkan zonasi, sebut Anggota Legislatif (Aleg) itu, tetapi yang mendaftar itu melebihi dari jumlah kursi atau quota yang tersedia.

“Makanya kemarin kita coba undang kepala-kepala sekolah dari tiap-tiap sekolah untuk mencoba melakukan evaluasi karena dibuka pendaftaran secara umum jumlah yang mendaftar 800 sampai dengan 900 siswa,” tutur politisi PDIP itu.

Padahal dilanjutkan, quota yang tersedia itu sekitar 220 sampai dengan 230 kursi.
Sehingga dengan sendirinya pasti ada yang digugurkan dan ada yang diakomodir, tetapi mekanisme digugurkan inikan tidak jelas.

“Karena ada yang protes lantaran kedapatan siswa yang dekat dengan sekolah tidak lolos, sedangkan yang jauh malahlolos. Makanya ini, kita rencana nanti setelah ini komisi IV DPRD Maluku akan mengundang sekolah-sekolah tersebut, terutama SMA Negeri 1 Ambon, SMA Negeri 2 Ambon, SMA Negeri 11 Ambon, dan SMA Negeri 13 Ambon, serta Dinas Pendidikan Provinsi Maluku untuk bagaimana mengatur satu sistem penerimaan siswa baru yang tidak gaduh seperti yang terjadi sekarang,” pungkas wakil rakyat itu. (SSL)

  • Bagikan