Tanjakan 2000 Kembali Ancam Keselamatan Warga

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Lagi pohon di Tanjakan 2000, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon kembali mengancam keselamatan warga yang melintasi jalan tersebut. Pasalnya hujan dan angin kencang yang mengguyur Kota Ambon akhir pekan ini, mengakibatkan pohon di area tersebut tumbang dan menutup badan jalan, pada Minggu, 9 Juli 2023.

Akibat kejadian ini, warga yang biasanya melewati jalan tersebut, terpaksa memilih jalur ahur untuk keselamatan diri. Pasalnya, pepohonan dan bebatuan yang ada di area tanjakan 2000, sangat rawan ambruk ketika datang musim penghujang.

Daerah ini juga pernah memakan korban jiwa, akibat tanah longsor beberapa tahun silam. Sementara terkait pohon tumbang hingga menutup badan jalan, setiap bulan dilaporkan terjadi. Hal ini, kemudian diperparah dengan adanya tumpukan sampah yang diluapkan air bah ke atas badan jalan, sehingga sangat rawan kecelakaan bagi pengguna jalan raya.

Meski sudah sering dikeluhkan warga, daerah ini sampai sekarang belum juga ditata secara baik. Kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di daerah tersebut, juga tak ada. Akibatnya, selain pepohonan yang tumbuh liar tersebut telah mengering, dan kerap tumbang di atas jalan saat musim hujan, terakhir Minggu ini, juga adanya tumpukan sampah akibat kurangnya kesadaran warga dalam membuang sampah.

Terkait hal ini, Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, Edwin Pattikawa mengungkapkan, jumlah kejadian akibat hujan pada pekan ini cukup banyak, termasuk pula dengan yang terjadi di daerah tanjakan 2000. Untuk pohon tumbang, telah dibersihkan dari badan jalan, sehingga warga sudah dapat melintas di area tersebut. Namun demikian, warga tetap diminta untuk berhati-hati saat melewati jalan tersebut di saat musim penghujan. “Jumlah kejadian cukup banyak maka akan di tangani satu per satu,” akui dia. (MON)

  • Bagikan