2000 Siswa Madrasah di Maluku Rebut 11 Tiket KSM Nasional

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Sebanyak 2000 siswa Madrasah di Provinsi Maluku mulai dari jenjang MI, MTs dan MA bertarung memperebutkan 11 tiket ke ajang Kompetisi Sains Madrasah ( KSM) Tingkat Nasional di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang akan digelar pada 3 September 2023.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, La Fata mengatakan, jumlah itu merupakan akumulasi dari seleksi ditingkat Madrasah, tingkat kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi nantinya.”Tahun ini animo siswa untuk mengikuti KSM cukup meningkat drastis jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Data ini terbaca dari sistem saat proses pendaftaran online,”ujar La Fata, kepada rakyatmaluku.fajar.co.id, Minggu, 9 Juli 2023.

Ia mengatakan, saat ini seleksi ditingkat kabupaten/Kota sedang berlangsung. Nantinya, peraih juara 1,2 dan 3 akan didelegasikan mewakili kabupaten/Kota untuk berkompetisi ditingkat Provinsi.

Selanjutnya, para peserta wakil dari Kabupaten /kota itu akan kembali diseleksi guna menentukan siapa yang berhak memperoleh tiket ke kanca Nasional. “Jadi hanya 11 orang yang akan dipilih. Mereka ada peraih juara 1 pada masing -masing mata lomba. Untuk jenjang MI diwakili 2 peserta, MTs 3 peserta dan MA 6 peserta, ” kata La Fata.

La Fata mendorong agar para siswa/siswi yang nantinya menjadi duta Maluku itu, dipersiapkan lebih matang lagi sebelum berkompetisi di tingkat nasional. “Tahun-tahun sebelumnya, Maluku tidak pernah luput dari medali. Sudah banyak medali yang berhasil diraih. Tapi tahun ini, Maluku harus bangkit untuk bisa meraih juara umum dj ajang bergengsi Madrasah ini, ” Harap La Fata. (***)

  • Bagikan