Orno: Kemiskinan di Maluku adalah Kemiskinan Struktural

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pada Rabu 5 Juli 2023 menggelar Forum Insfrastruktur Wilayah 2023 Maluku – Papua (Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat), di bawah sorotan tema “Peran Infrastruktur Dasar dalam Mendukung Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah”, yang berpusat di Swiss bel Hotel Ambon.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nathaniel Orno, yang dibuka secara virtual oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Ervan Maksum, St, M.Sc.

Ervan dalam sambutan virtualnya menyampaikan, Forum ini baru pertama kali diselenggarakan pada tahun 2023 dan forum insfrastruktur wilayah Maluku-Papua merupakan forum ketiga yang diselenggarakan setelah forum infrastruktur wilayah Sumatera bagian Utara dan Forum Infrastruktur Wilayah Nusa Tenggara.

“Kami berharap forum infrastruktur wilayah akan dapat secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya, secara substansial, dimana forum infrastruktur wilayah ini bertujuan untuk mendiskusikan ketersediaan infrastruktur dalam mendukung pengembangan komoditas unggulan dan mendiskusikan tantangan, kendala atau bottleneck dan kesenjangan atau gap, penyediaan infrastruktur dalam mendukung pengembangan komoditas unggulan daerah,” ujarnya.

Ia berharap dalam forum infrastruktur wilayah Maluku Papua tahun 2023 ini, berbagai masukan terutama dari kalangan wirausahawan baik Kadin maupun Hipmi dapat membahas dan didiskusikan bersama, serta dijadikan kesepakatan bersama, tentang jenis-jenis infrastruktur strategis apa saja yang akan dibangun terlebih dahulu untuk Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

“Bagi kami seluruh masukan yang dihasilkkan dari forum infrastruktur ini akan kami pergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mempertajam perencanaan penyediaan infrastruktur kedepan,” tutupnya.

Sementara itu dalam paparannya, Wagub menyampaikan kemiskinan yang terjadi di Maluku adalah kemiskinan struktural, dimana memiliki Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam tetapi tidak memiliki akses.

Ia berharap, Forum ini bisa memecahkan agar masyarakat kita tidak tertinggal.

“Saya berharap forum ini tidak menjadi forum rutinitas dan diharapkan betul-betul memberikan kontribusi bagi pengambilan keputusan di tingkat pusat,” ttupnya.

Turut hadir juga pada kesempatan itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional (P3IPN) Drs. Sumedi Andono Mulyo, Narasumber, Perwakilan Pemprov Kab/Kota Maluku Malut Papua Papua Barat, Akademisi, Para Pelaku Usaha, Ketua Kadin Daerah dan HIPMI se-Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, Kementerian Lembaga, serta unsur lainnya baik secara daring maupun luring. (RIO)

  • Bagikan