Menteri Perdagangan Sambangi Pasar Mardika

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menyambangi Pasar Mardika, Kota Ambon, Minggu 18 Juni 2023. Kunjungan tersebut untuk memantau stabilitas harga bahan pokok.

Zulkifli Hasan terlihat didampingi Penjabat Walikota, Ambon Bodewin Wattimena, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Harga bahan pokok semuanya aman,” kata Zulkifli Hasan usai mengunjungi Pasar Mardika.

Sejumlah barang, kata dia, harganya cenderung stabil, termasuk telur ayam dan beras. Baik bawang merah dan bawang putih, hingga minyak kelapa juga stabil.

Hanya saja untuk cabai keriting harganya dinilai mahal karena dibanderol Rp70 ribu perkilo.

“Cabai keriting mahal dikit tadi kita lihat harganya Rp70 ribu per kg tapi cabai rawitnya Rp40 kalau. Di Jawa cabai rawit lebih mahal cabei keriting lebih murah,” ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan pokok yang lain masih stabil dan tetap terkendali sehingga perlu menjaga dan meningkatkan pasokan ke pasar.

“Harganya pasti stabil kalau barangnya nggak ada pasti naik di sini kayaknya, stoknya banyak melimpah,” ujarnya.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok, langkah yang dilakukan adalah sidak distributor dan agen-agen.

“Kita memastikan stok barang dan harga bahan pokok stabil,” katanya

Dia mengakui, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalukan operasi pasar setiap dua minggu sekali, agar menjaga kestabilan harga.

“Jadi kita menjual barang-barang kebutuhan pokok di bawah harga pasar, sudah bisa dibeli oleh masyarakat sehingga pedagang tidak menaikkan harga lebih,” bebernya.

Pemerintah juga melakukan subsidi transportasi kepada distributor dan juga petani untuk mengendalikan harga.

Diketahui bahan pokok beras medium Rp13.000/kg, beras premium Rp15.000/kg, beras medium Bulog Rp13.000/kg, gula pasir Rp15.000/kg, MINYAKITA Rp14.000/liter.

Sementara minyak goreng kemasan premium Rp18.000/liter, daging sapi Rp120.000/kg, daging ayam ras Rp35.000/kg, serta tepung terigu Rp13.000/kg.

Telur ayam ras Rp33.600/kg dan bawang merah menjadi Rp40.000/kg. (MON)

  • Bagikan