KNKT Investigasi Pesawat Tergelincir di Bandara Pattimura

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Pesawat SAM Air dengan nomor registrasi PK-SMS tergelincir di Bandara Internasional Pattimura, Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Minggu, 18 Juni 2023 sekira pukul 12.30 WIT.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Tapi, tergelincirnya pesawat ini menyebabkan pesawat Lion Air JT 881 rute Ambon-Makassar delay dan Wings Air IW1531, serta Langgur-Ambon, serta Wings Air IW1515 Saumlaki-Ambon dialihkan ke Sorong.

Tergelincirnya SAM Air, karena ban kiri pecah ketika hendak melakukan ground manuver kembali melalui Taxi Alfa menuju ke runway 22. Tergelincirnya pesawat di jarak 830 meter Runway Bandara.

PLT Legal Conpliance and Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Agni Aditya Akbar mengatakan, evakuasi pesawat dilakukan selama dua jam. “Sudah kita bawa ke Apron,” kata Agni Aditya kepada wartawan di Kantor Angkasa Pura I, Laha, Minggu, 18 Juni 2023.

Dia menjelaskan, SAM Air ini hendak mendarat ketika terbang mengitari Pulau Ambon kurang lebih 3 jam. “Tapi ketika mendarat terjadinya insiden itu. Mereka keluar ke arah kanan runway,” jelasnya.

Angkasa Pura I, lanjut dia, belum mengetahui pasti penyebab tergelincirnya SAM Air ini. Hasilnya nanti akan diungkap Komite Nasional Keselamatan Transportasi. “Penyebabnya kita belum tahu. Saat ini masih diinvestigasi oleh KNKT,” tandasnya. (AAN)

  • Bagikan