Perkuat Kemitraan Dengan Lantamal IX Ambon, UT Ambon Gelar Silaturahmi.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Guna memperkuat kemitraan dengan Lantamal IX Ambon, Universitas Terbuka (UT) Ambon menggelar silaturahmi, tepat Jumat (9 Juni 2023).

Dalam rilis tertulisnya, dijelaskan bahwa silaturahmi tersebut merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan Universitas Terbuka (UT) Ambon dalam menjalin kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori,S.IP., M.AP., didampingi Kepala Sub Bagian TU dan Marketing Nonce Wattimena, S.Pd dan staf UT Ambon Kholid Indra Hamid, S.Kom bersilaturahmi ke Mako Lantamal IX Ambon.

Rombongan diterima langsung oleh Komandan Lantamal IX Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina M.M., M.T., M.Tr.Opsla dan jajarannya,

Di kesempatan tersebut, Direktur UT Ambon memaparkan berbagai Program Pendidikan S1 dan Pasca Sarjana untuk para prajurit maupun pegawai sipil PNS yang berminat melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

Selain itu, dirinya juga membahas rencana kegiatan promosi UT kepada prajurit dan juga PNS di lingkup TNI AL. Selain itu, UT Ambon akan bersinergi dengan Lantamal IX dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan seperti Program Kampung Bahari.

Secara terpisah dikatakan oleh Yuli, pihaknya berharap ke depannya dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Provinsi Maluku.

“Kami menyediakan akses layanan pendidikan tinggi kepada semua kalangan yang fleksibel, terjangkau biayanya, dan terbuka bagi semua kalangan. Pendidikan inklusif ini merupakan komitmen UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 (PTN) di Indonesia. Salah satu bukti kepercayaan masyarakat terhadap UT adalah jumlah alumni UT yang sudah menembus angka 2 juta orang sejak berdiri tahun 1984,” terangnya.

Bahkan dijelaskan pula, kualitas lulusan UT tidak perlu diragukan. Pada Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, sebanyak 9.436 alumni UT lolos menjadi CPNS. Jumlah ini jauh di atas PTN lainnya.

“Sementara itu, UT Ambon juga baru selesai menyelenggarakan kegiatan Klinik Ujian (KU) kepada mahasiswa baru yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Maluku,” jelasnya.

Lebih lanjut Ia mengaku, kegiatan KU dilaksanakan secara luring dan daring yang dihadiri sekitar 400 orang peserta, dan merupakan salah satu layanan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa UT agar dapat memahami proses asesmen atau evaluasi hasil pembelajaran di UT baik yang dilaksanakan secara ujian tatap muka, ujian online dan take home exam (THE).

“Sedangkan UAS akan dilaksanakan mulai dari tanggal 21-25 juni untuk ujian online dan ujian tatap muka. Sedangkan ujian THE pada tanggal 26 Juni hingga 6 Agustus,” papar dia.

Kemudian diceritakan, saat ini juga UT telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma hingga tanggal 8 Agustus 2023.

“Kami memiliki beberapa jenjang pendidikan mulai dari diploma, S1, S2, hingga S3 dengan pilihan studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pendaftaran calon mahasiswa bisa melalui laman ambon.ut.ac.id atau bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon,” tutur Yuli.

Sementara itu, Brigjen Said Latuconsina berharap Universitas Terbuka bisa menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi dan unggul sehingga dapat menjadi generasi muda yang dapat diandalkan untuk bisa membangun Maluku ke depannya. (SSL)

  • Bagikan