SD LB Gelar Sumatif Akhir, Pihak Sekolah Harap Lulus Dapat Diterima di Sekolah Umum

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 10 siswa Sekolah Dasar (SD) Luar Biasa (LB) Negeri Ambon, melakukan sumatif akhir. Pihak sekolah berharap setelah lulus para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah umum dapat diterima dengan baik.

“Harapanya ketika anak-anak selesai mengikuti ujian mereka juga mahu keluar dari sekolah ini dan ber sekolah di umum yang ada penerimaan untuk anak-anak sekolah berkebutuhan khusus sekolah inklusif dapat diterima,” kata Irma Wakil Ketua Sekretaris Kurikulum SLB Negeri Baru Merah, Rabu 9 Mei 2023.

Menurutnya, anak-anak yang ber kebutuhan khusus ini mereka sama saja dengan anak lainnya. Hanya saja perilaku mereka yang berbeda dengan anak-anak lain.

“Kami harapkan mereka diterima dengan baik,” ujarnya.

Dia mengakui, terkait dengan mekanisme ujian SD LB terbagi menjadi tiga kelas yakni ada tunagrahita dan autis. Untuk tunagrahita sendiri itu ada 2 orang, tunarunggu ada 4 orang da autis itu 4 orang.

Saat ujian, para siswa ini diawasi dari guru di SLB. Sebab mereka masing-masing punya kemapuan berbeda-beda.

“Untuk tunagrahita itu tidak bisa membaca, jadi dibacakan soal oleh pengawas. Sedangkan yang tunarunggu, da tubagrahita satunya dia bisa baca tapi untuk pengawas membaca soal, obsinya kita sebutkan untuk peserta didik tinggal dia memilih A,B atau C. Jadi kita bantu dengan membaca karena dia tidak bisa membaca,” bebernya.

Dilanjutkan, sedangkan yang satunya itu tunagrahita yang mampu didik itu ia memang kesulitan untuk berbicara. Sehingga untuk penyediaan soal dari guru yang menyediakan, soal untuk anak ini mengarahkan kepada menjodohkan setiap item per jawaban.

“Jadi masing-masing dengan dia punya karakter, tidak semua soal itu kita samakan walaupun sama -sama ketunaan. Ini lebih ke masing-masing punya kemampuan,” jelasnya.

Untuk hari kedua, lanjutnya tidak ada kendala. Memang masih tetap dalam pelayanan.

“Jadi kita tidak sama dengan sekolah-sekolah umum anak kasih ujian kemudian pengawas duduk di depan isi berita acara, Tapi ini kita langsung dampingi merekan,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan