Mitra Tokopedia sebagai Salah Satu Upaya Tokopedia Bangun Ekonomi Inklusif

  • Bagikan

Mitra Tokopedia ciptakan pengalaman transaksi produk digital dengan aman, nyaman, dan praktis bagi masyarakat ekonomi inklusif

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — Tokopedia terus menggencarkan beragam inisiatif demi membantu pegiat usaha lokal di seluruh Indonesia. Salah satunya melalui ekosistem Mitra Tokopedia yang terus mempermudah para pemilik toko, warung, dan individu-individu lewat beragam inisiatif dalam upaya membantu perwujudan pembangunan ekonomi secara inklusif di seluruh wilayah Indonesia. Terbukti dengan meluasnya peta penyebaran Mitra Tokopedia yang kini mampu capai 700 Kota/Kabupaten Indonesia.

Tokopedia melalui Mitra Tokopedia, kini fokus menawarkan 21 jenis produk digital dengan harga kompetitif, kepada individu dan pemilik usaha untuk dijual kembali, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tokopedia mencatat pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya.

21 jenis produk digital tersebut dibagi atas tiga kategori, antara lain: (1) Pembelian, yang mencakup 5 produk seperti Pulsa dan Voucher Game dengan pilihan lengkap untuk gamers sejati, mulai dari Mobile Legends hingga Clash of Clans, (2) Dompet Digital, yang mencakup 3 produk seperti Saldo Dompet Gojek dan Top Up GoPay, dan (3) Pembayaran, yang mencakup 13 produk seperti Angsuran Kredit dan PDAM.

Transaksi Produk Digital Mitra Tokopedia Naik Jelang Lebaran 2023
Tokopedia pun membagikan beberapa temuan menarik terkait transaksi Mitra Tokopedia sepanjang dua minggu awal April 2023. “Produk paling populer pada Sub Kategori Pembelian, Token Listrik, Pulsa, Voucher Game, Paket Data dan Tagihan Listrik. Transaksi Dompet Digital juga menjadi salah satu yang paling laris pada Sub Kategori Dompet Digital. Selain itu, pada Sub Kategori Pembayaran, BPJS, E-Samsat, Air PDAM, Internet & TV Kabel, serta Angsuran Kredit menjadi yang paling populer,” ucap Kepala Departemen Corporate Affairs, Ekhel Chandra Wijaya.

“Inisiatif yang terus digencarkan lewati Mitra Tokopedia turut mendorong Kota Surabaya, Kota Makassar, Kota Medan, Kota Palembang, dan Kota Bandung sebagai wilayah dengan jumlah transaksi produk digital tertinggi di Mitra Tokopedia pada periode dua minggu awal April 2023,” ucap Ekhel.
Di sisi lain, data internal Tokopedia menunjukkan, Abeli (Prov. Sulawesi Tenggara), Marpoyan Damai (Prov. Riau), Manokwari Barat (Prov. Papua Barat), Garut Kota (Prov. Jawa Barat), Lowokwaru (Prov. Jawa Timur) sebagai kecamatan dengan jumlah transaksi produk tertinggi di Mitra Tokopedia pada periode dua minggu awal April 2023.

Mitra Tokopedia Mudahkan Akses Berbagai Pemenuhan Kebutuhan Masyarakat Inklusif
Melalui Mitra Tokopedia sebagai salah satu inovasi akan kebutuhan terwujudnya ekonomi inklusif, Tokopedia bekerja sama dengan para mitra strategis mendorong pemerataan ekonomi secara digital. Sebagai salah satu contoh, dengan adanya kolaborasi dan inovasi, Mitra Tokopedia mempermudah masyarakat dalam mengakses pembayaran layanan publik, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), maupun E-Samsat untuk tingkatkan pendapatan negara.

Pada sisi pemenuhan kebutuhan hiburan, masyarakat dapat dengan mudah dan aman melakukan transaksi voucher game dengan pilihan game daring yang lebih banyak dan lengkap yang diakses melalui mitra.tokopedia.com, hingga streaming video tanpa halangan berkat top up pulsa dan data melalui Mitra Tokopedia. Melalui Mitra Tokopedia, baik mitra maupun pembeli dapat bertransaksi dengan harga yang cukup bersaing.

“Aplikasi Mitra Tokopedia sebagai wujud upaya Tokopedia untuk terus mendukung pelaku usaha warung di Indonesia untuk mencapai lebih dengan pemanfaatan teknologi. Serta demi menjawab kebutuhan masyarakat membayar produk digital dengan aman, nyaman, dan praktis,” tutup Ekhel.


  • Bagikan