Benhur Minta Pemprov Serius Tangani Mudik-Minta Tambah Moda Transportasi Laut

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur G. Watubun mengimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku serius dalam mengurus aktivitas mudik. Bahkan, pemerintah diminta segera menyediakan tambahan alat transportasi laut saat musim mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

Imbauan tersebut diungkapkan Watubun saat ditemui media ini di Ruang Kerjanya di Kantor DPRD Maluku, Senin 17 April 2023.

“Pemerintah harus menyediakan tambahan alat transportasi agar memudahkan proses distribusi dan juga pengangkutan pemudik ke pelabuhan tertentu dengan baik. Kita berharap dengan begitu dari aspek keamanan, dan keselamatan bisa terjamin,” pinta Sekretaris PDI Perjuangan itu.

Kemudian, Watubun menyebut, konsentrasi pemudik seperti di Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Tulehu, dan Pelabuhan penyeberangan di Liang harus diperhatikan dengan baik sehingga sirkulasi masyarakat, pemudik yang lewat harus secara merata dan bisa terlayani serta tidak menimbulkan gesekan karena penumpukan orang yang semakin banyak lalu bisa memicu masalah.

“Bisa saja masalah kesehatan dan masalah keamanan karena orang akan berdesakan untuk memperebutkan alat transportasi untuk penyeberangan sangat rentan akan hal itu,” terangnya.

Dirinya meminta pemprov agar serius dalam memperhatikan arus mudik, karena menjelang Idul Fitri frekuensi arus mudik semakin tinggi sehingga pemerintah harus membuat pendataan terhadap pelabuhan-pelabuhan penyeberangan dan moda transportasi.

“Karena Pemerintah ingin menetapkan tarif retribusi para pemudik secara merata kemudian jangan sampai terjadi penumpukan orang pada titik-titik tertentu karena rawan pada penyebaran penyakit, virus dan lain sebagainya. Karena memang sejatinya itu juga menjadi aspirasi masyarakat untuk ditindak lanjuti,” tandasnya.

Apalagi sambungnya, pemudik yang membawa pulang mobil dan lain sebagainya. Kita berharap situasi kondusif sejak pelaksanaan bulan puasa hingga menuju Idul Fitri. (SSL)

  • Bagikan