DPRD Imbau Pertamina Jaga Pasokan BBM Jelang Mudik Lebaran.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Anggota Komisi II DPRD Maluku, Halimun Saulatu mengimbau pihak Pertamina untuk menyediakan pasokan bahan bakar minyak (BBM) yang cukup guna mengantisipasi kelangkaan BBM menjelang mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Dengan harga BBM yang sudah meningkat kami harapkan pihak Pertamina selalu menyediakan pasokan BBM yang cukup, di titik-titik pengisian BBM di Maluku,” ujar Politisi Partai Demokrat itu kepada media ini di Gedung Parlemen DPRD Maluku, Kamis 13 April 2023.

Diakui olehnya, suplay-suplay BBM harus terjaga, tujuannya agar tidak terjadi kelangkaan disaat kondisi kepadatan arus mudik yang akan datang.

“Masyarakat juga harus mengambil cuti lebih cepat agar bisa melakukan perjalanan mudik lebih awal. Pasalnya, Kemenhub memprediksi puncak arus mudik akan terjadi di 19-21 April 2023 dan puncak arus balik terjadi pada 24-25 April dan 30 April-1 Mei 2023,” ucap dia.

Oleh karenanya, pemudik diimbau untuk menghindari tanggal-tanggal tersebut agar tidak terjebak macet dan dapat melakukan perjalanan mudik dengan lebih cepat.

Legislator Dapil Malteng itu mengatakan, untuk memudahkan masyarakat mengambil cuti lebih cepat, pemerintah telah memajukan dan menambahkan hari cuti bersama dari sebelumnya 21-26 April 2023 menjadi 19-25 April 2023.

“Dengan masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih cepat, maka diperkirakan pada Sabtu dan Minggu 15-16 April pemudik sudah mulai melakukan perjalanan mudik. Masyarakat hanya perlu mengambil cuti pada 17-18 April dan 19-25 April tidak perlu cuti karena ada cuti bersama,” kata dia.

Lalu masyarakat dapat melakukan perjalanan pulang sebelum 24-25 April karena tanggal ini diprediksi menjadi puncak arus balik. Atau jika masyarakat ingin meneruskan cutinya bisa pulang setelah atau sebelum 29 April-1 Mei.

“Kalau biasanya pulangnya tanggal 29 terlalu panjang sehingga kita prediksi setelah Lebaran mereka memang sudah siap-siap mau pulang,” ucapnya.

Selain imbauan tersebut, dirinya juga mengimbau agar perusahaan moda transportasi laut di Maluku tidak menaikan tarif transportasi diluar ketentuan yang berlaku. (SSL)

  • Bagikan