200 Rumah di Ambon Belum Miliki WC

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 200 rumah di Kota Ambon, belum miliki jamban atau Water Closet (WC). Kondisi ini sangat memprihatinkan, sebab, untuk buang hajat mereka masih ‘melepas’ ke alam.

“Sebanyak 200 lebih rumah belum miliki WC. Itu Artinya mereka masih menggunakan alam untuk mereka buang hajat, ada yang di sungai, hutan, yang lebih parah dalam lingkungan hidup, mereka membuang di tas kresek,” kata Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, di Hotel Marina, Rabu 12 April 2023.

Kata Wattimena, dari kondisi ini sehingga pada raja, kepala desa (Kades), dan lurah diberikan waktu dua minggu untuk memasukan data ke Pemkot. Sehingga diketahui di kelurahan yang warga yang tidak miliki WC.

“Kita berikan waktu dua Minggu dari sekarang untuk memasukan data kepada kami adakah didesa kelurahan negeri yang masyarakatnya belum memiliki jamban atau WC,” ujarnya.

Dia mengakui, dari data yang dimasukan kades dan lurah, Pemkot Ambon bakal selesaikan di tahun ini. Sehingga Kota Ambon terbebas dari rumah yang tidak miliki jamban atau WC.

“Nanti disampaikan ke Kabag Pemerintahan dan dua Minggu saya sudah harus terima data warga yang belum miliki jamban,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan