Ustadz Hatta: Insya Allah Majelis Ini Banyak Keberkahan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Para pemilik Counter Handphone (HP) di lantai II Ambon Plaza (Amplaz) menggelar buka puasa bersama anak yatim piatu dari Yayasan Al- Madinah Ambon, bertempat di Amplaz, Sabtu, 1 April 2023.

Acara diawali dengan pembacaan kalam Illahi oleh Ustadz Husein, dilanjutkan pemberian Al-Quran bagi anak-anak Yayasan Al-Madinah.

Ustadz M Hatta Ingratubun, di awal ceramahnya mengapresiasi para pedagang Handphone (HP) atau pemilik Counter HP yang telah menyisikan sebagian rejeki untuk memberi makan bagi anak-anak yatim piatu.

Menurutnya, dengan memberi sedekah kepada fakir miskin, secara tidak langsung telah meringankan pekerjaan pemerintah. Sebab, kewajiban pemerintah untuk memperhatikan orang-orang fakir miskin yang nyaris tidak terlihat. Hal ini tertuang dalam undang-undang bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

“Dengan kesibukan bapak-ibu mencari rejeki dari Allah SWT, masih menyempatkan diri meluangkan atau bahkan menyempatkan diri untuk memberikan sebagian dari kelebihan bapak-ibu untuk diberikan kepada adik-adik kita ini yang masuk dalam kategori fakir miskin ini,” ucapnya.

“Dan meskipun pemerintah tidak memberikan apresiasi, tapi yakinlah bahwa Allah berikan apresiasi bapak-ibu dan tentu diingatkan dengan salah satu surat yang tadi baru saja disampaikan oleh Ustadz Husein, yaitu Al-Maun. Surat itu surat yang Allah kasih turun di Makkah di awal-awal Rasulullah memulai dakwah,” tambah Ustadz Hatta.

Dia menjelaskan, fakir miskin mempunyai tempat yang urgen dalam Islam. Bagi yang mempunyai kelebihan harus melihat meraka.

“Olehnya itu, secara pribadi beta (saya) apresiasi bapak-ibu di tengah kesibukan mencari karunia Allah menyempat diri di majelis ini. Insya Allah majelis ini banyak kebaikan, banyak keberkahan,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Koordinator Pedagang Amplaz, Irfan Hamka, mengatakan, inisiatif buka puasa yang dilakukan oleh pemilik-pemilik Counter HP ini sangat luar biasa karena telah menyebarkan salam dan memberi makan bagi kaum fakir.

“Ini harus menjadi catatan bagi kita semua yang beraktivitas di sini (Amplaz) ikut berpartisipasi, bukan cuma menjadi undangan. Saya kira itu ke depan Insya Allah akan menjadi rujukan buat kita,” tutur Irfan Hamka dalam sambutannya saat buka bersama Family Amplaz.

Menurutnya, total pemilik Counter HP di Amplaz kurang lebih 250 orang. Keberadaan mereka tidak hanya urusan berdagang, namun kegiatan sosial pun tak luput dari perhatian mereka.

“Kegiatan-kegiatan keagamaan, silaturahmi tak luput dari perhatian mereka. Ketika ada teman yang meninggal, sakit, mereka betul-betul punya ikatan moral, ikatan matabatin untuk saling membantu dan ini dibuktikan dengan hari ini mereka berkumpul,” ucapanya.

Selaku ketua Takmir Majid Amplaz, dirinya juga mengapresiasi acara buka puasa bersama.

“Mewakili Takmir Majid Amplaz, saya sangat memberikan apresiasi juga untuk teman-teman counter ini, Insya Allah ke depan akan berkelanjutan dengan kondisi Amplaz yang tahun depan akan berakhir. Mudah-mudahan itu kesempatan untuk teman-teman yang sekarang menempati counter-counter bisa memiliki kios-kios,” harapnya. (AAN/ RIO)

  • Bagikan