Komisi III DPRD Maluku Minta Optimalisasi Aset Daerah untuk PAD

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, — Anggota Komisi III DPRD Maluku, Fauzan Alkatiri menyebut aset daerah bisa menjadi potensi penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maluku.

“Kalau kemudian Pemda Maluku mengambil sikap untuk menelantarkan beberapa aset itu sama saja dengan menelantarkan sumber PAD,” cetus Alkatiri kepada media, di Kantor DPRD Maluku, Selasa, 7 Februari 2023.

Dikatakan Alkatiri, dirinya akan menyampaikan ke pimpinan komisi agar segera melakukan monitoring terhadap beberapa aset yang belakangan ini sering disebut ditelantarkan.

“Sebut saja beberapa aset gedung yang dimiliki oleh Pemda Maluku juga beberapa aset kendaraan dan lain-lain. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sebelum masuk pengawasan, masalah ini sudah diselesaikan,” kata dia.

Jika sudah ditindak lanjuti pembahasannya, kemudian akan dilakukan pengawasan terhadap beberapa aset yang tidak terurus itu. Kalau masih bisa dioptimalkan, dan bisa diperbaiki untuk digunakan nantinya.

Dijelaskan, dalam beberapa kali rapat dengan bidang aset, sudah diulas juga perihal kapal Siwalima.

“Ada beberapa kapal memang yang secara usia sudah tidak mampu lagi untuk beroperasi dan harus diperbaiki dan apabila ingin diperbaiki, ongkos atau biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar dibanding dengan pengadaan yang baru,” jelasnya.

Untuk mencari solusi atas masalah tersebut, Alkatiri menyatakan bahwa akan dilakukan rapat lanjutan bersama mitra terkait. (SSL)

  • Bagikan