Ambon Miliki Rumah Kemasan dengan Sarana Prasarana Lengkap

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON — Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, resmikan Rumah Kemasan, yang berlokasi di kawasan Transit Passo, Negeri Passo, Kecamatan Teluk Ambon, Baguala, Rabu 1 Februari 2023.

Rumah Kemasan sudah dibangun sejak tahun 2021 menggunakan anggaran dana alokasi khusus Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, dan seharusnya sudah diresmikan pada tahun 2022, tetapi terkendala jaringan listrik dan air, sehingga ditunda hingg tahun 2023.

“Kondisi itu sampai Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memfasilitasi keduanya baru diresmikan. Kota Ambon kini telah memiliki Rumah Kemasan,” kata Wattimena.

Dikatakannya, Rumah Kemasan ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang belum ada di Kota Ambon,

“Peralatan cetak kemasan yang cukup lengkap, tenaga desain grafis, yang akan bekerja di sini operator mesin yang terlatih dan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan Rumah Kemasan,” ujarnya

Dia berharap, dengan diresmikannya Rumah Kemasan ini dia akan memberikan satu lagi kepastian layanan Pemkot bagi Usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau Industri Kecil Menengah (IKN) di Kota Ambon.

Rumah Kemasan dan Dinas Peridustrian dan Perdagang (Disperindag) Kota Ambon akan secara maksimal memfasilitasi pelaku UMKM di Kota Ambon

“Rumah Kemasan itu sangat penting untuk membantu eksisnya 1.500 UMKM dan IKM tetap bertahan pada tantangan perekonomian yang menjadi prioritas dari Pemkot Ambon,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Sir Jhon Slarmanat mengatakan, rumah kemasan ini akan melayani pengemasan produk. Sehingga produsen tidak perlu lagi mengirimkan produknya untuk dikemas di Makassar atau Surabaya.

“Rumah kemasan yang berlokasi di Negeri Passo, untuk mengurangi biaya produk kemasan pangan lokal,” katanya

Kata Slarmanat, jasa pada rumah kemasan ini akan bermanfaat agar dapat memenuhi kualitas ekspor serta menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dari jasa yang disiapkan berupa pembuatan kemasan sesuai ukuran dan bahan yang digunakan.

Dijelaskan, rumah kemasan Kota Ambon ini merupakan satu-satunya rumah kemasan di Provinsi Maluku. Sehingga dia berharap bisa dimanfaatkan seluruh kabupaten/kota di Maluku.

“Rumah kemasan ini baru ada di kota Ambon,” pungkasnya. (MON)

  • Bagikan