Tiga Balon Gubernur Rebut Rekomendasi PDIP

  • Bagikan

Ririmase Ambil Formulir Walikota

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Perebutan rekomendasi partai politik kian ramai. Di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Maluku, sudah tiga bakal calon (Balon) Gubernur yang mengambil formulir untuk berebut rekomendasi dari partai berlambang kepala banteng ini.

Tiga balon gubernur yang mendatangi kantor sekretariat DPD PDIP di Karang Panjang, yakni; mantan Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP RI, Jeffry Apoly Rahawarin (JAR), Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) RI, Febry Calvin Tetelepta (FCT) dan Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Rabu 17 April 2024.

Diprediksi hanya tiga balon itu saja yang kelak mendaftar di PDIP, sebab sebelumnya PDIP melalui Ketua DPW PDIP, Benhur Watubun sudah menutup pintu partai ini bagi Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Selain balon gubernur, PDIP juga didatangi mantan Bupati SBT, Abdullah Vanath, nengambil formulir untuk balon wakil gubernur.

Semua balon gubernur dan wagub, hanya mewakilkan kepada relawannya untuk mengambil formulir.

“Atas nama tim relawan JAR, kami telah mengambil formulir di DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, yang mendaftar nomor urut 1 sebagai bakal calon Gubernur Maluku untuk Pilkada 2024,” kata Abas Hanubun, Tim JAR.

Sementara mewakili FCT adalah Victor Palijama. Victor mengaku, kelak pengembalian formulir akan dilakukan langsung balon Gubernur FCT.

“Selalu kader, Pak FCT sungguh akan mengikuti seluruh proses tahapan dan meyakini sungguh partai dimana dia berproses akan memberikan dukungan sepenuhnya kepadanya,” katanya.

Sementara Sekretaris Tim Pemenangan, Balon Gubernur Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Samsul Notanubun mengatakan, Korps Marinir mempunyai sejarah tersendiri dalam perjalanan bangsa bersama Ir Soekarno, Presiden Indonesia pertama atau founding father PDI Perjuangan lewat kebijakannya yang terkenal Skema Soekarno Bagi Marinir .

“Pak Said Latuconsina, sangat percaya jika kelak didukung oleh PDIP, karena diyakini jika direkomendasikan oleh PDI Perjuangan, maka tidak takabur, kami yakin akan memenangkan kontestasi Pilgub Maluku,” pungkasnya.

Selain balon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, di Sekretariat DPC PDIP Kota Ambon juga didatangi salah satu bakal calon Walikota Ambon, Agus Ririmasse.
Agus Ririmasse yang langsung mengambil formulir pendaftaran di DPC PDIP, Rabu 17 April 2024.

“PDI Perjuangan membuka kesempatan kepada putra-putri terbaik Kota Ambon, untuk mendaftar atau mengambil formulir. Sebagai bakal calon walikota Ambon saya merasa terpanggil untuk mengambil formulir,” kata Agus Ririmasse, kepada wartawan usai mengambil formulir.

Kata Ririmasse, setelah mengambil formulir, dia bakal melihat untuk mengisi dan dikembalikan pada partai sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Apapun yang nantinya diputuskan DPP PDI Perjuangan, itu patut dihargai oleh siapapun.

“Saya berharap teman-teman bisa melihat hari ini secara baik karena ini proses demokrasi. Entah nanti DPP memutuskan siapa itu urusan nanti yang jelas sebagai warga Kota Ambon dan juga sebagai bakal calon walikota saya menghargai itu,” ujarnya.

Dia mengakui, bukan hanya di PDI Perjuangan ia mengambil formulir bakal calon Walikota Ambon. Tapi jika diberi kesempatan, dia juga bakal mengambil formulir di partai lain untuk memenuhi syarat kursi mencalonkan Walikota dan Wakil Walikota Ambon.

“Kalau dalam waktu dekat misalnya Partai Perindo, Gerindra, NasDem, PKB yah kita datang sebagai warga negara untuk mengambil formulir. Karena semua orang punya hak yang sama,” cetusnya.

Ketika ditanya alasan maju sebagai bakal calon Walikota, Ririmasse menegaskan
punya keinginan membangun Ambon dengan hati.

“Saya maju sebagai walikota itu punya keinginan membangun Ambon dengan hati, kedua saya mau menjadi berkat untuk kota ini dan masyarakat,” jelasnya.

Kata Ririmasse, untuk wakil walikota yang nantinya mendampingi belum ada. Sebab mengambil wakil harus memenuhi beberapa pertimbangan.
Yang pastinya, proses saja, wakil akan pasti lewat survey, tapi juga ada komunikasi politik.

“Karena ibarat kepala daerah dan wakil kepala daerah itu sebagai suami istri, kita harus berdoa kepada Tuhan dan supaya Tuhan memberikan wakil yang terbaik,” katanya.

PDIP membuka penjaringan mulai 17 April 2024 hingga 30 April 2024 atau berlangsung selama 14 hari kedepan.

Verifikasi berkas pendaftaran tahap 1 (5 Mei 2024), Perpanjangan pendaftaran (1 – 14 Mei 2024), Input formulir pendaftaran tahap 2 (2 – 17 Mei 2024), Verifikasi berkas pendaftaran tahap 2 (18 Mei 2024).

Selanjutnya, Sosialisasi bakal calon (19 – 25 Mei 2024), Penyaringan tahap 1 oleh DPD Partai (26 – 30 Mei 2024) dan Penyampaian hasil verifikasi dan penyaringan ke DPP Partai (31 Mei 2024). (MON)

  • Bagikan