Mitsubishi Fuso Raih Pencapaian Positif di 2023 dan Siap Manjakan Konsumen di 2024

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — JAKARTA, — PT.   Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga   dari   Mitsubishi   FUSO   Truck   and   Bus   Corporation   (MFTBC)   di   Indonesia,   sukses mempertahankan  pangsa  pasar  No.  1  untuk segmen  kendaraan  niaga selama  53 tahun  dan mengumumkan strategiterbarunyauntuk tahun 2024 dalam menghadapipasarkendaraanniaga melalui acara Media Gathering pada tanggal 8 Maret 2024.

Sebelumnyaditahun 2023, kondisipasarkendaraanniagadi Indonesia mengalamidinamika yang cukup bergejolak dan mengalami penurunan permintaan hingga 9% jika dibandingkantahun lalu, dengan volume pasarsebanyak 84.957 unit. Kendati kondisi pasar penuhtantangan, Mitsubishi FUSO  tetap  berhasil  mempertahankan  sebagai  Market  Leader  dengan  raihan  Market  Share sebesar 39,2% atausetara dengan 33.283 unit. Penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari  Canter  di  kelas light duty  truck  (LDT)  sebanyak  29.062  unit dengan  pangsa  pasar  53% . Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsapasar 18% atausebanyak 4.179 unit.

Tak hanya dari segi penjualan, beragam aktivitas layanan purnajualtelah dilakukan Mitsubishi seperti perluasan layanan after sales serviceseperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service, serta menambahjaringan dealer yang saat ini total 222 sehingga Mitsubishi Fuso  semakin  dekat  dengan  konsumen.  Inovasi  juga  tidak  henti  dilakukan  seperti  Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0 yang fokus untuk meningkatkan layanan demi kepuasankonsumendan hadir lebih dekat dengan konsumensecara digital.

Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menjabarkan, “ dari aspek purnajual, Mitsubishi FUSO berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada tahun 2023, naik hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022. Dengansemakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part di seluruh wilayah Indonesia sehingga memudahkan bagi konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka. ”

Di  tahun  2024,  KTB  menargetkan  untuk  terus  meningkatkan  market  share  Mitsubishi  Fuso menjadi 41%  atau tumbuh  sebesar  1,8%  dengan total  unit  34.850.  “Kami akan mengusung strategi “customer-first” untuk mencapai target itu. Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan Solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapandan kebutuhan konsumen”,tambah Aji Jaya.

Beberapa  strategi  untuk  menghadapi  2024  adalah  menyediakan  produk  dan  layanan  yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer dengan    menambah    dealer-dealer    berstatus    Fuso    Pro-Shop,    dan    digitalisasi    dengan mengembangkan fitur Runner yaitu Bengkel Runner.

Menyambut bulan  Ramadhan ini, Mitsubishi  Fuso juga menyediakan berbagai promo service yang    menguntungkan    bagi    konsumennya.    Diantaranya,    untuk    konsumen   yang    ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10% untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20% untuk oli mesin, dan diskon 10% untuk jasa pengerjaan.  Disamping  itu,  Bengkel  Siaga  24 Jam  dan  Mobile  Workshop  Service juga tetap beroperasi penuh selama bulan Ramadhan sampai Lebaran.

Lebih lanjut, di Juli 2024 ini, Mitsubishi FUSO akan secara resmi meluncurkan truk listrik yaitu eCanter. Tahap awal penjualan akan dilakukan di wilayah Jabotabek, dengan target utama dari sektor  bisnis  logistik.  Dengan  berbagai  strategi  baru  ini,  Mitsubishi  FUSO  bertekad  untuk memperkuat posisinya sebagai distributor Mitsubishi FUSO di Indonesia dan terus memenuhi kebutuhan konsumendari beragam sektor industri.

Tentang KTB

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) merupakan authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), memasarkan produk kendaraan niaga (Canter dan Fighter-X). Sejak pertama kali hadir di tahun 1970 Mitsubishi Fuso bertahan memimpin pasar dengan populasi kendaraan niaga terbesar di Indonesia.

Tentang MFTBC

Berbasis di Kawasaki, Jepang, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) merupakan salah satu produsen kendaraan komersial terkemuka di Asia, dengan 89,29% sahamnya dimiliki oleh Daimler Truck AG dan 10,71% dimiliki oleh berbagai perusahaan grup Mitsubishi. Sebagai ikon dalam industri kendaraan niaga Jepang dengan sejarah panjang lebih dari 90 tahun dengan merek FUSO, MFTBC memproduksi berbagai kendaraan niaga termasuk truk  dan  bus  ringan,  sedang,  dan  berat,  serta  mesin  industri  untuk  lebih  dari  170  pasar di  seluruh  dunia.  Pada tahun  2017,  MFTBC memperkenalkan eCanter, truk tugas ringan bertenaga listrik pertama yang diproduksi secara seri dan pada tahun 2019, Super Great – truk tugas berat pertama di Jepang yang dilengkapi dengan Teknologi Dukungan Pengemudian Otomatis Level 2, yang merupakan tolok ukur di pasar kendaraan komersial Jepang. MFTBC beroperasi di bawah payung Daimler Truck Asia, bersama dengan organisasi mitranya, Daimler India Commercial Vehicles (DICV) di India. Unit strategis ini memungkinkan kedua entitas untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang seperti pengembangan produk, pengadaan suku cadang dan produksi untuk memberikan nilai terbaik bagi pelanggan.

Tentang eCanter

eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara seri pertama kali di pasar Jepang yang dikembangkan oleh MFTBC sebagai solusi untuk masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang, dan emisi CO2. Karena eCanter bebas emisi lokal dengan motor listriknya dan menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan dengan kendaraan bertenaga diesel konvensional, eCanter sangat cocok untuk rute dalam kota serta operasi pada larut malam dan dini hari. Setelah peluncuran model pertama pada tahun 2017, MFTBC merilis model yang disempurnakan dengan peralatan keselamatan yang lebih baik pada bulan Agustus 2020. Sejak diluncurkan, truk ini telah dipilih oleh pelanggan di Jepang, Eropa, Amerika Serikat, Australia, danSelandia Baru. Pada bulan Maret 2023, MFTBC membukapesanan untuk eCanter yang telah bertransformasisepenuhnya dengan jumlah varian yang diperluas secara signifikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis. Model baru ini juga dijadwalkan untuk diluncurkan di pasar luar negeri lainnya.

  • Bagikan