Prudential Indonesia Memperluas Jangkauan Literasidan Inklusi Finansial bagi Perempuan hingga ke Lombok Utara dan Halmahera Barat

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID – JAKARTA, — PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memperluas program Financial Literacy for Women, sebuah program literasi keuangan yang diselenggarakan untuk menjangkau para perempuan didaerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia hingga ke Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dan Halmahera Barat, Maluku Utara. Digelar sejak April 2023, program Financial Literacy for Women ditargetkan bagi  perempuan yang tinggal di wilayah  3T, dan  untuk  kegiatan di  Lombok  Utara dan Halmahera Barat diikuti sekitar 1.700 peserta yang bergabung secara tatap muka maupun online. Acara tersebut menghadirkan perwakilan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) setempat, Prudential Indonesia, dan perencana keuangan.

Melalui inisiatif ini, sejak tahun 2009 hingga 2023 Prudential Indonesia telah menjangkau dan memberikan  pelatihan  perencanaan  keuangan  rumah  tangga  kepada  lebih  dari  56.000 perempuan Indonesia yang bergabung secara daring maupun luring. Perluasan wilayah dan target peserta Financial Literacy for Women turut mempertegas komitmen jangka panjang Prudential  Indonesia,  yang  telah  beroperasi  lebih  dari  27  tahun  di  Indonesia,  untuk memberikan dampak sosial yang nyata melalui Community Investment, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Prudential Indonesia, khususnya pilar edukasi.

Indrijati  Rahayoe,  Chief  Human  Resources  &  Community  Investment  Officer Prudential Indonesia, mengatakan, “Dengan menjangkau lebih banyak perempuan, kami optimis dapat turut mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia karena kami melihat peran penting perempuan dalam mengatur keuangan keluarga. Untuk itu, penting bagi setiap perempuan untuk memiliki dasar kecakapan finansial yang mumpuni. Literasi finansial dan asuransi merupakan salah satu pilar Community Investment Prudential Indonesia dan kami berkomitmen untuk terus memperluas program melalui kolaborasi dengan berbagai pihak demi membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera, serta masa depan Indonesia yang lebih baik.”

Berdasarkan  Survei  Nasional  Literasi  dan  Inklusi  Keuangan  20221   yang  dilakukan  oleh Otoritas Jasa  Keuangan  (OJK),  tingkat  literasi  dan  inklusi  keuangan  Indonesia  sebesar 49,68% dan 85,1%. Angka ini mengalami kenaikan dari hasil survei OJK terakhir yang dilakukan pada 2019, yaitu sebesar 38,03% dan 76,19%. Dari sisi gender, untuk pertama kalinya  indeks  literasi  perempuan  lebih tinggi  (50,33%),  dibandingkan  dengan  laki-laki (49,05%).  Dalam  tatanan  masyarakat  kita,  para  perempuan  memang  memiliki  peran strategis di dalam pembangunan, termasuk para ibu rumah tangga yang menjadi sekolah pertama dalam  keluarga dengan  peran  penting  untuk  mengedukasi anak-anak  maupun keluarganya, tidak terkecualidalam hal produk danjasa keuangan.

Tingkat inklusikeuangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan literasikeuangan pada survei OJK tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudahbanyak yang mengakses jasa keuangan, namun tidak dibarengi dengan pemahaman yang komprehensif akan produk dan jasa keuangan yang digunakan. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi setiap pemangku kepentingan  untuk  menurunkan  ketimpangan tersebut, agar  masyarakat  Indonesia  bisa

1 Survei Nasional Literasidan Inklusi Keuangan Tahun 2022

masuk dalam kategori sangat terliterasi (well-literate) dan semakin bijak dalam mengelola keuangan mereka.

Pada  program  Financial  Literacy  for  Women,  Prudential  Indonesia  juga  menggandeng beberapa perencana keuangan untuk memberikan konsep dasar perencanaan keuangan, serta praktik yang efektif untuk diri sendiri maupun keluarga di rumah, persiapan masa pensiun hingga pentingnya memiliki perlindungan. Pemahaman mengenai literasi keuangan, termasuk produk dan jasa keuangan begitu mendasar dan sangat penting untuk memastikan ketangguhan finansial pribadidan keluarga untuk menjalani setiap fase kehidupan, termasuk masa depan. Prudential Indonesia turut ambil bagian untuk menjelaskan peran dan manfaat produk  perlindungan jiwa  dan  kesehatan  sebagai  bagian  dari  strategi  dalam  mengatur kelangsungan finansial.

Rista Zwestika Financial Planner & Pengurus Pusat MES, mengatakan, “Tingginya peran perempuan terhadap perekonomian di Indonesia cukup tinggi hingga 61% terhadap PDB. Oleh  karena  itu  sangat  penting  bagi  para  Perempuan  untuk  mengasah  skill  financial management dari mulai mengatur keuangan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari hingga memiliki layanan asuransi untuk menjaga keberlangsungan keluarga tercinta dengan terencana.”

“ Kami percaya, bahwa kesejahteraan masyarakat merangkul semua aspek kehidupannya dimulai  dari  ketangguhan  finansial,  untuk  #yakinmelangkah  bagi  masa  depannya  dan keluarga,” tutup Indri.

***

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransijiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokusdi Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransijiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk produk yang dikaitkan dengan investasi sejak lebih dari 20 tahun lalu.

Hingga 31 Desember 2022, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 356 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh

Indonesia. Sampai akhir 2022, didukung oleh lebih dari 150.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Corporate Communications Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance

Email: [email protected]

Prudential Centre – Kota Kasablanka 17th Floor

Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia

  • Bagikan