Fabrizio: Beresiko Rumah Sakit Jadi Kamar Mayat di Gaza

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — GAZA, — Blokade total yang dilakukan Israel di Jalur Gaza yang menyebabkan pemadaman listrik memicu kecaman dan seruan dari kelompok hak asasi manusia internasional untuk segera mengambil tindakan karena rumah sakit berisiko berubah menjadi kamar mayat di tengah pemboman besar-besaran Israel.

Seperti dilansir Aljazeera berbahasa Inggris, pada Rabu, satu-satunya pembangkit listrik di Gaza kehabisan bahan bakar dan ditutup setelah keputusan Israel untuk memutus pasokan menyusul serangan multi-cabang oleh Hamas.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC), sebuah badan amal medis, pada hari Kamis menyebut eskalasi tersebut menjijikkan , dan memohon kepada Israel dan Hamas untuk mengurangi penderitaan warga sipil.
Ketika Gaza kehilangan aliran listrik, rumah sakit pun kehilangan pasokan listrik, sehingga bayi baru lahir yang berada di inkubator dan pasien lanjut usia yang membutuhkan oksigen berada dalam risiko. Dialisis ginjal berhenti, dan rontgen tidak dapat dilakukan. Tanpa listrik, rumah sakit berisiko berubah menjadi kamar mayat, kata Fabrizio Carboni, direktur regional ICRC untuk Timur Dekat dan Tengah, dalam sebuah pernyataan.
Keluarga di Gaza sudah kesulitan mengakses air bersih. Tidak ada orang tua yang mau dipaksa memberikan air kotor kepada anaknya yang haus, imbuhnya.

Bombardir Israel terhadap Gaza menyusul serangan Hamas terhadap Israel selatan telah menewaskan empat staf ICRC di wilayah tersebut, menurut juru bicara badan amal tersebut.
Seorang perwakilan dari Rumah Sakit al-Shifa di Kota Gaza pada hari Rabu mengatakan bahwa pihak berwenang Israel telah menargetkan petugas pertolongan pertama yang membantu warga sipil, dan meminta bantuan komunitas global.
Kami menderita dan dunia tidak bergerak sedikit pun. Ini adalah SOS untuk seluruh dunia Anda harus membantu kami, katanya kepada wartawan setelah diumumkan bahwa satu-satunya pembangkit listrik di Gaza telah kehabisan bahan bakar.

Gaza jatuh ke dalam kegelapan setelah pembangkit listrik kehabisan bahan bakar
Sementara itu, Human Rights Watch, sebuah organisasi hak asasi manusia global, mengatakan pemerintah Israel, penguasa pendudukan atas Gaza, berdasarkan hukum internasional harus memastikan bahwa kebutuhan dasar penduduk terpenuhi.

Sebaliknya, mereka sejak tahun 2007 menjadikan Gaza sebagai penjara terbuka , menerapkan pembatasan besar-besaran terhadap pergerakan orang dan barang. Setelah serangan akhir pekan oleh Hamas, pihak berwenang kini semakin menutup tembok penjara tersebut, katanya.
Pernyataan tersebut juga mengatakan bahwa Hamas harus diadili atas pembunuhan warga sipil di Israel, tetapi mencabut listrik dan bahan bakar bagi seluruh penduduk Gaza karena tindakan individu adalah sebuah bentuk hukuman kolektif .

Menteri Energi dan Infrastruktur Israel telah memperjelas bahwa serangan Hamas baru-baru ini adalah ‘alasan kami memutuskan untuk menghentikan aliran air, listrik, dan bahan bakar’. Taktik ini merupakan kejahatan perang, sama halnya dengan menggunakan kelaparan sebagai senjata perang, kata HRW.

Namun pada hari Kamis, Menteri Energi Israel Israel Katz berjanji negaranya tidak akan mengizinkan sumber daya dasar atau bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza sampai Hamas membebaskan orang-orang yang mereka tangkap dalam serangan mendadak akhir pekan lalu.

Bantuan kemanusiaan ke Gaza? Saklar listrik tidak akan dinyalakan, keran air tidak akan dibuka, dan truk bahan bakar tidak akan masuk sampai para korban penculikan Israel dipulangkan, katanya dalam sebuah pernyataan.
Sekitar 150 warga Israel, orang asing dan berkewarganegaraan ganda dibawa ke Jalur Gaza oleh pejuang Hamas sebagai bagian dari serangan hari Sabtu yang menewaskan lebih dari 1.200 orang di Israel, menurut para pejabat Israel.
Israel pada gilirannya melancarkan kampanye udara tanpa henti di Gaza, sejauh ini menewaskan lebih dari 1.200 orang, kata pejabat kesehatan Palestina. (*SYN)

  • Bagikan