Komitmen Kembangkan Perpustakaan Digital, IAKN Ambon Bakal Jadi Rujukan di Indonesia Timur.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Rektor Institut Agama Kristen (IAKN) Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA mengungkapkan komitmen IAKN dalam mengembangkan perpustakaan digital.

“IAKN Ambon saat ini tengah menyiapkan diri untuk mengembangkan perpustakaan digital, dan kami optimistis bakal menjadi rujukan di kawasan timur Indonesia,” ungkap Yance saat diwawancarai media ini di Kampus IAKN Ambon, Senin (18/9/2023).

Komitmen itu disampaikan Yance lantaran IAKN Ambon dikunjungi atau divisitasi oleh assessor dari perpustakaan nasional untuk mengakreditasi perpustakaan di IAKN Ambon.

“Kami senang karena kami berkeinginan perpustakaan kami bisa diakreditasi dan mendapat peringkat tertentu. hal yang lebih penting adalah kami berharap melalui akreditasi perpustakaan di IAKN Ambon terus meningkatkan referensi dan tata pengelolaan perpustakaan,” ungkapnya.

Saat ini dijelaskan, IAKN Ambon sudah mengelola perpustakaan secara digital. Selain itu disampaikan juga bahwa pihaknya sedang melakukan digitalisasi dokumen yang akan membawa manfaat bagi tiap elemen kampus.

“Manfaatnya, ada dokumen digital yang bisa digunakan dari perpustakaan baik dalam proses pembelajaran maupun penelitian,” terang dia.

Disampaikan, assessor yang datang adalah ibu Anggun Kusuma Tri Tani dan Ibu Yeri Nurita, mereka dari perpustakaan nasional, dan saat ini mereka sudah selesai melakukan akreditasi.

“Saya mendapat laporan dari kepala perpustakaan, mereka sedang melihat beberapa revisi untuk disampaikan untuk kemudian mendapat tanggapan dari para assessor. Diharapkan bahwa dalam waktu dekat ini kami sudah boleh memperoleh hasil akreditasi perpustakaan,” harapnya.

Ditegaskan, IAKN Ambon berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan, oleh sebab itu diberi perhatian yang besar pada perpustakaan dalam proses digitalisasi.

“Sudah ada referensi digital yang sudah bisa di-searching via online itu memang sudah ada, namun untuk digitalisasi sepenuhnya sementara dala proses menuju kesana,” pungkas Yance. (SSL)

  • Bagikan