174 Kasus Baru,Dinkes Gencar Konseling dan Tes HIV

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Dinas Kesehatan Kota Ambon, menumukan sebanyak 174 kasus baru Human Immunodeficiency Virus (HIV).
Kasus tersebut berdasarkan data dari Januari hingga Juni 2023.

Kepada Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan dengan gencar pelayanan konseling dan tes HIV kepada masyarakat.

“Data terbaru itu 174 kasus baru HIV yang kita temui,” kata Wendy Pelupessy, Kamis 10 Agustus 2023.

Dia merincikan, dari total 174 kasus itu ditemukan Kelurahan Rijali 2 kasus, Air Salobar 3 kasus, Waihaong 30 kasus, Belso 3 kasus, CH Tiahahu 3 kasus, Kilang 2 kasus dan Nania 5 kasus.

Dilanjutkan, Hative Kecil 3 kasus, Lateri 1 kasus, Passo 2 kasus, Poka 1 kakus, Karpan 4 kasus. Benteng 1 kasus, Arbes 6 kasus, Halong 1 kasus, Bayangkara 6, RSUD Haulussy 13 kasus, RS Alfatah 5, RS Siloam 13, Balai Kesehatan Paru 11, Klinik Cendela 32 kasus, RS Leimena 14, RS GMP 1, RS Bhaktirahayu 3 dan Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) 9 kasus.

“Data itu berdasarkan pemeriksaan fasilitas kesehatan Januari hingga Juni 2023,” ujarnya.

Dijelaskan untuk upaya pencegahan Suruh Temukan Obati Pertahankan (STOP), yakni Suruh merupakan perubahan cara pandangan HIV/IADS pada masyarakat umUm, guna menurun stigma dan diskriminasi menekankan HIV/AIDS dapat diobati seperti penyakit kronis lainnya.

“HIV adalah infeksi kronis yang dapat dikendalikan,” ujarnya.

Wendy menyampaikan selama Januari sampai Juni 2023 ada 10.047 orang yang menjalani pemeriksaan HIV di fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Ambon.

Dinrincikan, sebanyak 1.589 orang menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Siloam, 603 orang menjalani pemeriksaan di RSUP Leimena, 507 orang menjalani pemeriksaan di Puskesmas Rijali, dan 349 orang menjalani pemeriksaan di Waihaong.

Ditambahkan, bagi warga Ambon yang melakukan konseling dan tes HIV bisa mendatangi fasilitas kesehatan yang ada di Kota Ambon, termasuk rumah sakit, puskesmas, dan klinik.

Layanan pemeriksaan gratis, antara lain tersedia di Laboratorium Tes Cepat Molekuler RSUD Haulussy, PKM Waihaong, dan Balai Laboratorium Kesehatan Ambon.
(MON)

  • Bagikan