Universitas  Pembangunan  Jaya  (UPJ)  Mengadakan  Acara  Peluncuran  Buku  UPJ  Indonesia  City Metrics

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — BINTAROJAYA, — Peluncuran buku UPJ Indonesia City Metrics (UPJ-ICM) di kampus Universitas Pembangunan Jaya di Bintaro  Jaya  menjadi  peristiwa  penting  dalam  kajian  perkotaan.  UPJ  ICM  adalah  sebuah  kajian perkotaan yang memotret 42 kota besar dan menengah di Indonesia dari perspektif holistik dalam lima segi, yaitu infrastruktur dan aksesibilitas (Urban Development), perekonomian (Urban Growth), sosialmasyarakat (Urban Society), seni budaya (Urban Culture), sertateknologi dan penelitian (Urban and the Future).

UPJ-ICM tidak dimaksudkan untuk mempertandingkan kota-kota tersebut, namun untuk dijadikan rujukan bagi berbagai pihak dalam memilih kota yang tepat untuk tinggal, belajar, bekerja, ataupun berusaha. Selain itu, UPJ-ICM, yang rencananya akan dimutakhirkan secara berkala, juga diharapkan memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan kota, termasuk perencana, pengelola, dan pengambil   keputusan   di   bidang   perkotaan,   dalam   membuat   kebijakan,   perencanaan,   dan pengembangan kota yanglebih baik dimasamendatang.

Acarapeluncuran inidihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka. Pj. Gubernur Jakarta, selaku pemegang saham utama PT Pembangunan Jaya, Gubernur Banten, dan Walikota Tangerang Selatanturut hadir dalam  acara  tersebut.  Selain  itu,  Prof.  Bambang  Brojonegoro,  Dr.  Kecuk  Suhariyanto,  Ir.  Bernie Djonopoetro, CEO PT Pembangunan Jaya, Bp. Trisna Muliadi, M.B.A., para direksi PT Pembangunan Jaya, akademisi, pemerhati perkotaan, serta hadirin lainnya jugaikut memeriahkanacara tersebut.

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta tidak hanya meresmikan peluncuran buku hasil UPJ- ICM, tetapi juga menyerahkan buku tersebut kepada  Kepala  Perpustakaan Nasional  RI, Gubernur Banten, Walikota Tangerang Selatan, para akademisi, dan penggiat perkotaan. Penyerahan buku ini menjadi simbol dari  upaya  untuk  menyampaikan  hasil  kajian  UPJ  kepada  masyarakat agar dapat dimanfaatkan.

Sebagai rangkaian dari acara peluncuran buku UPJ-ICM, dilaksanakan pula talkshow dengan tema “Tantangan dan Peluang  Pembangunan Kota Tangerang Selatan” yang disampaikan oleh Walikota Tangerang Selatan, Bapak Drs. H. Benyamin Davnie.

Peluncuran buku UPJ-ICM dan talkshow tersebut diharapkandapat memberikanwawasanyanglebih mendalam tentang perkembangan perkotaan dan memberikan pemahamantentang tantangan dan peluang dalampembangunan kota.

Pada hari yang sama, berlangsung pula acara peresmian perpustakaan UPJ dan talkshow tentang ‘Literasi  Kesejahteraan’  yang  menghadirkan  Bapak  Drs.  Muhammad  Syarif  Bando,  MM.  (Kepala Perpustakaan Nasional RI) sebagainarasumber.

  • Bagikan