15 Tahun Harian Rakyat Maluku Mulai Kuasai Platform Medsos

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON. — Harian Rakyat Maluku, Selasa 8 Agustus 2023, memasuki usia 15 tahun. Pada usia yang remaja ini, Harian Rakyat Maluku masih terus eksis sebagai salah satu media informasi kebanggaan masyarakat di provinsi seribu pulau ini.

Direktur Harian Rakyat Maluku, Syaikhan Azzuhry Rumra, dalam sambutannya pada syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15, mengatakan persaingan media cetak saat ini menghadapi ancaman yang sangat besar, dari perkembangan platform media sosial (medsos) di era digitalisasi.

“Dari data Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) tahun 2014 tercatat masih terdapat ribuan media cetak, namun saat memasuki tahun 2022 hanya tersisa kurang lebih 400 media, karena gempuran berbagai platform media online,” tandas Syaikhan.

Menghadapi perubahan industri media yang semakin pesat, kata Syaikhan, Harian Rakyat Maluku, telah mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya. Yakni dengan membuat rakyatmaluku.com yang sekarang menjadi rakyatmaluku.fajar.co.id .

“Dan sekarang ini kita juga sudah merambah ke medos. Yakni Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok. Bahkan TikTok Rakyat Maluku mempunyai follower terbesar di Maluku dari kalangan media yakni 46.000 lebih,” jelas Syaikhan.

Namun demikian, lanjutnya, media sosial tetap sebagai media pendukung media cetak. Koran, kata dia, masih menjadi prioritas bisnis utama Harian Rakyat Maluku. Karenanya, lanjut Syaikhan, Harian Rakyat Maluku harus membuat berita-berita yang berkualitas.

“Kita (Harian Rakyat Maluku) harus ciptakan ketergantungan pembaca dengan kita. Jangan kita memuat berita-berita hoax. Kita harus terus menjaga kualitas pemberitaan media kita, jika tidak ingin ditinggalkan pembacanya. Karena jika ini dilakukan, nantinya kita (media cetak) masih bisa hidup seribu tahun lagi,” tegas Syaikhan.

Sementara itu Komisaris Harian Rakyat Maluku, H. Ahmad Ibrahim, pada kesempatan yang sama mengatakan, Harian Rakyat Maluku telah menunjukan eksistensinya di tengah-tengah kondisi perekonomian yang belum sepenuhnya pulih.

“Saat ini perekonomian belum sepenuhnya stabil, namun Harian Rakyat Maluku telah menunjukan kematangannya di usia yang ke-15 tahun, karena tidak kehilangan momentum dan bisa mensiasati keadaan yang sulit dan bisa terlepas,” tandas Ahmad Ibrahim.

  • Bagikan