27 Siswa SMK Rebut Tiket O2SN Tingkat Nasional

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 27 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mewakili masing-masing kabupaten/kota di Maluku bakal memperebutkan tiket nasional dalam gelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK Tingkat Provinsi Maluku, Tahun 2023 yang mulai digelar pada Rabu 2 Agustus 2023.

Pelaksanaan seleksi ditingkat provinsi itu sendiri dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji, dan Kepala Bidang Pembinaan SMK, Anissa turut hadir.

Ke 27 peserta akan bertanding dalam empat Cabang Olahraga (Cabor) diantaranya, Karate, Pencak Silat, Renang dan Atletik. Untuk Cabor Karate peserta putri putri tujuh orang, Pencak Silat putra putri empat orang, Atletik delapan orang dan Renang putra-putri delapan orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji dalam arahannya mengatakan, gelaran O2SN Tingkat Provinsi Maluku ini menjadi wadah kolaborasi demi kesuksesan penyelenggaraan dan dapat menjadi sarana memajukan pendidikan jasmani serta motivasi siswa untuk meningkatkan prestasi dibidang olahraga.

Iapun menekankan, kepada para siswa yang lolos ditingkat Provinsi dan akan mewakili Maluku ke Tingkat Nasional, untuk berupaya maksimal menunjukan kemampuan dan skilnya guna meraih prestasi.”Jadi saya ingatkan para wakil Maluku nanti tidak hanya menjadi penggembira, tapi harus berprestasi dan mengharumkan nama Maluku, ‘harap Sangadji.

Sangaji menjelaskan, tujuan digelar O2SN SMK ini untuk menjaring siswa unggul dalam bidang olahraga. Selain itu, meningkatkan kebugaran siswa, jasmnasi dan rohani. Juga menjadi sarana silaturahmi, serta mendorong siswa untuk menjunjung nilai-nilai keolahragaan dan sprotivitas.

Menurutnya, dari tahun ke tahun, Maluku seakan menjadi peserta penggembira untuk meramaikan kompetisi O2SN tingkat nasional. Sehingga ditahun ini, diharapkan ada perubahan dimana para wakil Maluku bisa mengukir prestasi.”Untuk tujuan itu, jika ada waktu sebelum bertolak ke tingkat nasional, harus dilakukan pembinaan untuk peningkatan kemampuan dan skillnya agar duta-duta Maluku ini bisa mewujudkan harapan masyarakat Maluku, “tuturnya.(CIK)

  • Bagikan