Rektor Lantik 27 Pejabat IAIN Ambon

  • Bagikan

PELANTIKAN, – Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si (kiri_red) melantik 27 pejabat di lingkungan IAIN Ambon. Tiga di antaranya; Warek I, Dr. Adam Latuconsina, Warek II, Dr. Ismail Tuanany, dan Dekan FEBI, Dr. Husin Wattimena, di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat IAIN Ambon, Jumat, 27 Januari 2023. Foto: IST

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, AMBON, – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si melantik puluhan pejabat di lingkungan IAIN Ambon, yang berlangsung di Aula Lt III, Jumat, 28 Januari 2023.

Dilantiknya para pejabat ini sekaligus menandai pengoperasian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) tahun ini.

Pelantikan 27 pejabat tersebut di antara: Dr. Adam Latuconsina, M.Si yang awalnya menjabat Wakil Direktur Pascasarjana dilantik sebagai Wakil Rektor I. Sementara mantan Wakil Rektor I, Dr. Ismail Tuanany, M.M digeser menjadi Wakil Rektor II, dan Wakil Rektor II yang sebelumnya dijabat Dr. Husin Wattimena, M.Si dilantik sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), yang merupakan fakultas baru.

Sementara kursi Wakil Direktur Pascasarjana diisi oleh Dr. Sri Ratna Dewi Lampong, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Prodi S2 Sosiologi Agama. Kursi Kaprodi S2 Sosiologi Agama diberikan kepada Dr. Baco Sarluf, M.Fil.I. Untuk melengkapi struktur Prodi S2 Sosag, dilantik juga Sekretaris Prodi S2, M. Asrul Pattimahu, MA, dan Sekretaris Prodi S2 Hukum Pidana Islam, Fauzia Rahawarin, M.H, serta Sekretaris Prodi S2 Tadris Matematika, Mariana, S.Pd., M.Si.

Sedangkan untuk mendampingi Dekan FEBI, Rektor juga melantik dua pejabat FEBI, yakni Dr. Rajab, M.Ag sebagai Wakil Dekan I, dan Hasan, M.Si sebagai Wadek II, beserta para Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan di lingkup FEBI, serta beberapa Kajur dan Sekjur pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Syariah.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutannya berpesan kepada seluruh pimpinan yang telah dilantik, agar melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional dan proporsional untuk kemajuaun kampus IAIN Ambon.

Salah satu tanggungjawab terberat yang harus dikerjakan seluruh civitas saat ini, yakni menyambut transformasi IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) A.M.Sangadji. Pasalnya, seluruh persyaratan untuk menjadi UIN telah lengkap yang ditandai dengan adanya pelantikan Dekan FEBI beserta stafnya kemarin. Sehingga, syarat kampus harus memiliki empat fakultas sudah terpenuhi. Selama ini, mengalami kendala pengusulan karena hanya tiga fakultas.

Maka, Rektor menekankan kepada Dekan FEBI dan stafnya, agar mengutamakan pekerjaan yang berbasis mutu untuk membawa fakultas ini setara dengan fakultas lain. Sebab, FEBI masih menjadi fakultas uji coba yang akan kembali dinilai dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan. Ancamannya, apabila tidak mengalami peningkatan mutu dan kualitas, maka dapat dievaluasi oleh BAN-PT, yang tentu akan berpengatuh terhadap proses transformasi yang tengah disiapkan.

Rektor juga menenkan kepada seluruh pimpinan di lingkungan IAIN Ambon agar terus mengutamakan integritas dan loyalitas atas tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi negara. Sebab, selain bertanggungjawab kepada negara dan bangsa, mereka juga kelak akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah Swt. Apalagi, ASN IAIN Ambon merupakan pegawai Kementerian Agama, yang tentu memiliki karakter dan kepribadian berbeda dengan ASN lainnya, sebagaimana ditekankan Menteri Agama RI kepada seluruh rektor baru-baru ini.

Ia berharap, para pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya dapat segera bekerja sesuai tugas dan fungsinya untuk memajukan kampus IAIN Ambon agar menjadi kampus terbaik di Maluku. Sebab, tugas utama IAIN Ambon bersama perguruan tinggi lainnya, yakni menjalankan program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia di Maluku agar setara dengan provinsi lainnya di bidang pendidikan tinggi untu kemajuan bangsa dan negara.

Mengakhiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, para pejabat juga menandatangani pakta integritas dan surat pernyataan siap bekerja secara profesional dan proporsional. (WHL/ADV)

Berikut nama-nama pejabat IAIN Ambon yang dilantik;

  1. Dr. Adam Latuconsina, M.Si sebagai Wakil Rektor I,
  2. Dr. Ismail Tuanany, M.M sebagai Wakil Rektor II,
  3. Dr. Husin Wattimena, M.Si sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah (FEBI)
  4. Dr. Rajab, M.Ag sebagai Wakil Dekan I FEBI
  5. Hasan, M.Ag sebagai Wakil Dekan II FEBI
  6. Dr. Sri Ratna Dewi Lampong, MA sebagai Wakil Direktur Pascasarjana
  7. Dr. Mar’atun Shalihah, M.Si sebagai Ketua Jurusan Manajemen Keuangan Syariah pada FEBI
  8. Darwis Amin, S.E., M.M sebagai Ketua Jurusan Ekonomi Syariah pada FEBI
  9. Fitria Karnudu, S.E., M.M sebagai Ketua Jurusan Manajemen Bisnis Syariah pada FEBI
  10. Tuti Haryanti, S.H., M.H sebagai Ketua Jurusan Akuntansi Syariah pada FEBI
  11. Rosna Kurnia, M.Ak sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen Keuangan Syariah pada FEBI
  12. Nahria Latuconsina, S.E., M.Esy sebagai Sekretaris Jurusan Ekonomi Syariah pada FEBI
  13. Dety Aryani Reliubun, M.Si sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen Bisnis Syariah pada FEBI
  14. Fatmah Watty Pelupessy sebagai Sekretaris Jurusan Akuntansi pada FEBI
  15. Muammar Wijayanto Maruapey, M.M sebagai Kepala Laboratorium FEBI.
  16. Farid Naya, S.H.I., M.S.I sebagai Ketua Jurusan Hukum Keluarga Islam pada Fakultas Syariah,
  17. Baco Sarluf, S.Ag., M.Fil.I sebagai Ketua Program Studi Sosiologi Agama pada Pascasarjana
  18. Fauzia Rahawarin, S.H., M.H sebagai Sekretaris Program Studi Hukum Pidana Islam pada Program Pascasarjana,
  19. Muhammad Asrul Pattimahu, M.A sebagai Sekretaris Program Studi Sosiologi Agama pada Pascasarjana,
  20. Mariana, S.Pd., M.Si sebagai Sekretaris Program Studi Tadris Matematika pada Program Pascasarjana,
  21. Saddam Husein, M.Pd.I sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
  22. Saida Manilet, M.Pd.I sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
  23. Zamrin Jamdin, M.Pd sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Biologi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
  24. Arman Kalean, M.Pd sebagai Sekretaris Jurusan Tadris IPA pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
  25. M. Sahrawi Saimima, M.Pd.I sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen Pendidikan Islam pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
  26. Dewi Qhuril Malasari Ely, M.Pd sebagai Sekretaris Jurusan Tadris Bahasa Inggris pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
  27. Nirmala, M.Hum sebagai Sekretaris Jurusan Tadris Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
  • Bagikan