Ini Dia, 7 Program Pencapaian Kantor Bahasa Maluku Selama Tahun 2022.

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Selama kurun waktu tahun 2022 Kantor Bahasa Provinsi Maluku telah melakukan tugasnya dalam melakukan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra yang ada di Provinsi Maluku.

Penyelenggaraan tugas-tugas tersebut diwujudkan dalam sejumlah program yang dilaksanakan oleh Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) di Kantor Bahasa Provinsi Maluku.

Sejumlah program pencapaian Kantor Bahasa Maluku oleh KKLP selama tahun 2022 dijelaskan langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Syahril, dalam konferensi pers yang dilangsungkan di Baileo Kafe, Jln. Ir. Putuhena, Kota Ambon, Jumat, 30 Desember 2022.

“Jadi ini merupakan bentuk pertanggung jawaban kami dalam mengelola anggaran selama satu tahun ini. Ada laporan-laporan tertentu yang harus kami sampaikan sebagai unit vertikal riset dan teknologi atas capaian-capaian kami,” jelas Syahril.

Dikatakan, yang pertama program KKLP Perkamusan dan Peristilahan, yaitu pengayaan Kosakata Bahasa Kei; target usulan data 1.000 kosakata dengan capaian 1.124 kosakata.

“Kemudian yang kedua, KKLP Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang mana Kantor Bahasa Provinsi Maluku mendapatkan target sebanyak 700 peserta UKBI di Provinsi Maluku di tahun 2022. Dalam pelaksanaannya, KKLP UKBI berhasil menguji sebanyak 1.050 peserta yang berasal dari 5 sekolah. Salah satu sekolah, yaitu MTs N 1 Maluku Tengah mendapatkan apresiasi giat UKBI dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,” kata dia.

Selanjutnya adalah KKLP Literasi, sambung Syahril, KKLP Literasi itu melaksanakan kelas literasi yang bertujuan untuk membina generasi muda dalam bentuk kelas pelatihan menulis puisi, cerita pendek, dan karya tulis ilmiah pada bulan Februari 2022. Selain itu, mengajak 38 komunitas literasi yang ada di Provinsi Maluku untuk mengikuti Kemah Literasi yang dilaksanakan di Banda Naira pada akhir Maret 2022.

“Ada juga KKLP Penerjemahan yang melaksanakan kegiatan Pelatihan, Penyuntingan, dan Penerjemahan Cerita Rakyat Maluku pada bulan Februari 2022 lalu yang diikuti oleh 30 peserta. Selain itu, melaksanakan sayembara Cerita Rakyat Maluku yang menghasilkan tujuh buah produk terjemahan. Tahun ini karya terjemahan Cerita Rakyat Maluku terpilih mewakili Indonesia dalam perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional yang dilaksanakan di Bangladesh secara daring,” sambung dia.

Dituturkan, Kantor Bahasa Maluku juga menyelenggarakan KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra dan KKLP Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

“Tahun ini KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra berhasil melakukan Revitalisasi Sastra Seka Sikin di Desa Werwaru, Kabupaten Maluku Barat Daya pada 19—31 Mei 2022. Revitalisasi Sastra Seka Sikin yang hampir punah ini berhasil dipentaskan dan disaksikan oleh masyarakat,” tuturnya.

Selain itu di tahun yang sama, Kantor Bahasa Maluku juga menyelenggarakan Pelatihan Pengajar BIPA Tingkat Dasar yang diikuti oleh 30 orang pengajar BIPA mandiri dan perwakilan lembaga pada Februari 2022.
Sebagai penutup, Syahril membeberkan Inovasi Kelembagaan dan Layanan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku, dan Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/Sederajat diikuti oleh 27 sekolah pada 27 Agustus 2022.

“Kami juga berperan aktif dalam perancangan peraturan daerah pengutamaan Bahasa Indonesia di ruang publik bersama Badan Pembuat Peraturan Daerah DPRD Kota Ambon. Dalam pelaksanaan tugasnya selama tahun 2022 Kantor Bahasa Provinsi Maluku berhasil merealisasikan serapan anggaran sebesar 99,15 dari total anggaran yang dipercayakan untuk dikelola,” tutupnya. (SSL)

  • Bagikan