250 Calon Mahasiswa UT Ikut OSMB dan PKBJJ

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 250 calon mahasiswa Universitas Terbuka (UT) semester ganjil 2024, mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ), yang berlangsung di Gedung RRI Ambon, Minggu, 15 September 2024.

Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El-Anshory, mengatakan, OSMB dan PKBJJ merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang diselenggarakan untuk mahasiswa baru.

OSMB merupakan salah satu kegiatan pengenalan kepada mahasiswa baru tentang sistem pembelajaran jarak jauh yang di terapkan dalam proses pembelajaran yang menekankan pada kemandirian mahasiswa, kata Yuli.

Dia mengakui, OSMB juga merupakan penanaman nilai dan karakter mahasiswa demi menciptakan generasi terbaik UT ke depannya. Sedangkan untuk PKBJJ, bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa.

Keterampilan yang diberikan di antaranya kemampuan menyusun rencana dan target belajar, keterampilan membaca efektif, dan merekam hasil baca serta keterampilan memanfaatkan layanan UT Online, ujarnya.

Dijelaskan, OSMB ini sebenarnya hanya pengantar, hanya akan memberikan gambaran secara umum seperti apa perkuliahan di UT. Mulai dari proses awal registrasi, pembelajaran, sampai nanti ujian.

PKBJJ sendiri akan kita mulai di tanggal 21 atau di tanggal 22. Dan PKBJJ ini adalah sesi yang palin penting,” jelasnya.

Memilih UT Ambon sebagai tempat kuliah, merupakan pilihan yang sudah tepat, apalagi di sini sebagian besarnya sudah bekerja.

“Jadi mudah-mudahan pilihan teman-teman tidak salah untuk bergabung dengan kami di Universitas Terbuka dengan akreditasi yang saat ini A, kemudian banyak prodi juga sudah terakreditasi A. Kemudian ada empat prodi yaitu Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, dan juga Ekonomi Pembangunan, selain akreditasinya A, empat prodi tersebut juga sudah terakreditasi internasional oleh FIBA,” jelasnya.

Dengan fleksibilitas pembelajaran UT, kemudian juga dari sisi akreditasi, tentunya kalian sudah mengetahui bahwa saat ini satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) terlebih Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi A di Maluku saat ini hanyalah Universitas Terbuka (UT) Ambon.

“Keterima prodi tersebut patut berbangga kalau suatu saat lulus S1 lanjut S2 mau cari beasiswa LPDP atau pun mau cari tempat kuliah di luar tidak usah ragu, karena UT juga oleh ICDE (International Council for Open and Distance Education) itu juga sudah sering untuk direview diakreditasi bukan akreditasi internasional sebetulnya tetapi adalah semacam pengakuan rekormasi bahwa UT adalah salah satu lembaga penyelenggara pendidikan jarak jauh yang diakui di dunia,” tandasnya.

OSMB tersebut dilanjutkan penyerahan Almamater kebesaran yang diberikan langsung oleh Direktur UT Ambon kepada perwakilan peserta. Kemudian di lanjutkan dengan kuliah umum oleh P.S. Kasubdit 4 Ditintelkam Polda Maluku, Andreas Hasional Maringan Tua, selaku pemateri. (MON)

  • Bagikan