Unpatti-UCL-ITS dan Orela Shipyard Surabaya Gelar Workshop Internasional Kerjasama Riset

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Universitas Pattimura (Unpatti) bersama University College London (UCL), Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan Orela Shipyard Surabaya, menggelar Workshop Internasional Kolaborasi Riset, dengan mengusung tema “Implementasi Hasil Riset Untuk Kapal-Kapal Perikanan”, yang berlangsung di Aula lantai 2 Unpatti selama lima hari, sejak Senin, 20 Mei 2024 sampai dengan 24 Mei 2024, hari ini.

Workshop tersebut bertujuan untuk mengimplementasi hasil riset kolaborasi tentang keselamatan kapal perikanan melalui aplikasi mobile app kepada para pengguna, justifikasi dan implementasi instrument keselamatan stabilitas kapal dan keselamatan ABK di laut kepada para pengguna, serta implementasi hasil riset tentang desain baru penggunaan alat pembantu penangkapan ikan serta aplikasi sistim pencahayaan berdasarkan energi surya.

Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Dominggus Malle, S.Pt,M.Sc, dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, Seminar Internasional yang diselenggarakan hari ini merupakan tindak lanjut riset kolaborasi antara Unpatti-UCL-ITS dan Orela Shipyard Surabaya, yang tercetus sejak tahun 2021 lalu. Dimana, banyak kegiatan yang telah dilakukan dari kolaborasi ini yang fokusnya adalah inovasi bagi keselamatan selama proses pelayaran dan proses penangkapan ikan.

“Maluku merupakan wilayah kepulauan dan sebagian besar masyarakat bermata pencarian sebagai nelayan. Dalam melakukan aktifitasnya, selalu menggunakan perahu dengan berbagai ukuran. Terkadang kondisi alam menjadi ancam tersendiri bagi para nelayan. Untuk itu, pemerintah atau institusi pendidikan harus konsen untuk membantu mencari solusi yang inovatif dan berguna bagi masyarakat,” katanya.

Prof. Malle juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Panitia, Dr. Ir. Wolter R. Hetharia, M.App.Sc, yang telah menggagas dan membangun kolaborasi dan kerjasama serta merancang kapal anti tenggelam yang dapat dipergunakan oleh nelayan dan masyarakat.

“Inovasi yang dapat dilihat adalah Live Jacket yang digunakan oleh Dr. Andrea Grech La Rosa UCL terbuat dari olahan ban dalam bekas, dan berharap para peserta dapat meniru apa yang telah dirancang. Manfaatkan kesempatan ini untuk bertukar pikiran. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.

Di kesempatan itu, Ketua Panitia, Dr. Ir. Wolter R. Hetharia, M.App.Sc dalam sambutan mengatakan, Fakultas Teknik Unpatti Ambon melalui tim riset telah melakukan kerjasama dalam bidang penelitian dan kerjasama dengan UCL-ITS dan Orela Shipyard Surabaya melalui kontrak kerjasama tahun 2021-2022 dan telah di implentasikan tahun 2023-2024.

Dimana, dalam workshop ini dilakukan presentasi desiminasi hasil riset kerjasama Unpatti – UCL yang disampaikan oleh Dr. Andrea Grech La Rosa UCL dan Dr. Wolter Hetharia Unpatti terkait dengan keselamatan kapal perikanan serta desain dan aplikasi energi surya untuk rumpon perikanan.

Selain itu, Workshop Inclining Test untuk kapal ikan kelompok nelayan Desa Hitu, Workshop Aplikasi Mobile App pada kapal ikan, Workshop Aplikasi Safety Jacket bagi nelayan dan FGD dengan unsur pimpinan Unpatti dan Fakultas Teknik tentang kerjasama di masa depan.

“Hari ini akan dipresentasikan rumpun modern dengan tenaga surya untuk sistem penerangan, yang sudah digunakan di kampung nelayan Desa Hitu dan hasilnya sangat memuaskan tinggal dilanjutkan dengan riset untuk parameter yang harus dikembangkan,” papar Dr. Wolter Hetharia.

Workshop pada kampung nelayan di Desa Hitu dilakukan untuk memberikan edukasi penerapan keselamatan para nelayan dengan tujuan agar para nelayan serta kapal-kapal perikanan di daerah Maluku dapat beroperasi secara aman, dan adanya peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi para nelayan,” tambahnya.

Ia juga menambahkan, selain dosen, mahasiswa juga turut terlibat dalam workshop yang berlangsung salama lima hari ini dengan tujuan agar para mahasiswa dapat mengembangkan ilmu dan memiliki kesempatan untuk belajar langsung di lapangan dengan standar nasional maupun internasional.

“Saya harap workshop ini dapat memotivasi para peneliti di Unpatti untuk terus melakukan kolaborasi penelitian antar institusi dalam dan luar negeri yang dituangkan dalam MoU dan implementasinya. Karena kegiatan ini sekaligus mendukung visi dan misi Rektor Unpatti untuk menjadikan Unpatti World Class University,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Workshop ke- II yang akan dilaksanakan bersamaan dengan kelompok nelayan pada 21 Mei 2024 yang berkonsentrasi pada justifikasi input data untuk mobile app alat keselamatan kapal perikanan. Kemudian Workshop ke- III pada 22 Mei 2024 bersama dengan mitra kelompok nelayan dan tim workshop. Kegiatan ini dilakukan selama pelayaran bersama kapal ikan kelompok nelayan di Perairan Desa Hitu selama sehari penuh untuk justifikasi penggunaan mobile app pada kapal-kapal perikanan.

Workshop IV pada 23 Mei 2024 bersama dengan mitra kelompok nelayan dan tim workshop pada kapal perikanan di perairan Desa Hitu untuk justifikasi aplikasi peralatan keselamatan ABK. Dan Workshop ke- V dilakukan pada 24 Mei 2024. Workshop ini berupa Focus Group Discussion antara staf University College London dan Universitas Pattimura untuk mendiskusikan kerjasama riset di masa depan antara kedua institusi.

Semua hasil hasil workshop akan dirampungkan dan dikembangkan untuk diterbitkan dalam beberapa jurnal/prosiding nasional dan internasional. Juga beberapa rekomendasi dari hasil riset dan workshop ini akan diterbitkan sebagai masukan untuk berbagai pihak terkait. (RIO)

  • Bagikan