Achmad Jais Ely Jadi Penjabat Bupati SBB

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Dr. Achmad Jais Ely, ST., M.Si, dikabarkan telah dipilih oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan siap dilantik pada 24 Mei 2024 menggantikan Andi Chandra As’aduddin.

Kabar tersebut diketahui dari berita yang terpublikasi di salah satu media online lokal serta banyaknya ucapan selamat dan sukses terhadap dirinya yang datang dari berbagai pihak di lingkup Kabupaten SBB yang beredar di beberapa group dan platform media sosial, Rabu, 22 Mei 2024.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten SBB, Yudin Hitimala, kepada media ini mengatakan, jika Achmad Jais Ely dipercayakan untuk menjadi Penjabat Bupati di Kabupaten SBB, ibarat ia pulang kampung untuk memimpin di tanah asal leluhurnya. Sebab, beliau adalah turunan ke-8 dari kapitan Tanuseku yang berasal dari Negeri Mornaten, Kecamatan Taniwel.

“Ia bukan orang asing di Kabupaten Saka Mese Nusa, melainkan ia juga anak asli di tanah Seram Bagian Barat, yang hari ini akan dipercayakan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri untuk pulang ke tanah asal leluhurnya dan menjadi pemimpin untuk membangun wilayah tanah asal leluhurnya,” ungkap Hitimala.

Hitimala menceritakan, ketika dihubungkan dengan sejarah peradaban masyarakat Kabupaten SBB, sosok Jais Ely juga rupanya memiliki hubungan kekerabatan dan persaudaraan dengan negeri yang masyarakatnya bermarga Ely yang ada di Negeri Mornaten, Negeri Nikilukan, Negeri Rumasoal, Negeri Kasieh, dan beberapa negeri-negeri di Taniwel, serta bertebaran di Negeri Kawa, Negeri Buano, Negeri Luhu, Dusun Patinia, Talaganipa dan banyak perkampungan lainnya termasuk dengan Negeri Eti di Kabupaten SBB.

Dari fakta sejarah ini, menurut Hitimala, Kabupaten SBB membutuhkan anak cucu yang datang sebagai sosok pemimpin yang cerdas dan berprestasi seperti Jais Ely untuk membangun daerah ini, meskipun terhitung rentang waktu kurang lebih satu tahun setelah usai pemilihan kepala daerah nanti. Akan tetapi dengan kepiawaian dalam mengelola birokrasi dan prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh sosok Jais Ely, dinilai mampu untuk di aktualisasikan guna membangun saka Mese Nusa.

“Kami meyakini kehadiran sosok pemimpin yang cerdas yang punya jiwa spirit membangun seperti Jais Ely untuk jadi Penjabat Bupati di Kabupaten ini. Tentunya ia akan mampu menularkan prestasi kerja di dunia birokrasi kepada aparatur penyelenggara pemerintahan Kabupaten SBB, sehingga ketika penjabat meninggalkan daerah ini dapat mewariskan semangat kerja kepada ASN dan stakeholder pemerintahan yang ada,” harapnya.

Dia menjelaskan, sosok Achmad Jais Ely memiliki pribadi yang sederhana, cerdas serta memiliki prestasi yang gemilang di dunia birokrasi. Hal ini diukur dari enam tahun ia memimpin Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kota Sorong, 10 tahun memimpin SUPM Ambon, serta prestasinya juga saat memimpin Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dalam membantu menurunkan angka inflasi di Maluku.

“Saat memimpin Dinas Ketahanan Pangan Provinsi, banyak hal yang beliau kerjakan, selalu berinovasi dan punya terobosan hingga mendapatkan pendanaan anggaran dari pusat sebesar Rp2,3 miliar di waktu akhir tahun 2023 lalu. Kondisi ini menjadi ukuran bahwa Ely memiliki kekuatan, kepercayaan dan jaringan yang kuat dalam bermanuver anggaran pusat untuk di bawah ke daerah ini,” ungkapnya.

Dan ketika Achmad Jais Ely menjabat sebagai Kadis Pariwisata Provinsi Maluku saat ini, sambung Hitimala, posisinya berada di nomor urut 17 terbaik secara nasional dari sebelumnya Dinas Pariwisata Provinsi Maluku yang hanya menempati posisi urutan 25.

“Tentunya presentasi ini bukan didapat dengan hanya berpangku tangan melainkan melalui kerja-kerja nyata dalam mendorong pembangunan Pariwisata di Provinsi Maluku, dan ini tentunya sudah jadi fakta prestasi beliau saat ini,” bebernya. (BIM/ RIO)

  • Bagikan