Ziarah Makam, Danyon Ajak Generasi Harga Jasa Pahlawan

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon, dibawa Komando Mayor (Mar) Tamyasin Hehanussa, melaksanakan kegiatan ziarah makam Pahlawan hingga menyantuni warakawuri Yonmarhanlan yang berada dikawasan kompleks Lantamal IX/Ambon, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Komandan Yonmarhanlan) IX Ambon, Mayor (Mar) Tamyasin Hehanussa mengatakan, kedua kegiatan yang dilakukan itu untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT), Pasukan Marinir (Pasmar) 3, yang ke-6.

“Dalam rangka memperingati HUT ke-6 Pasmar 3, kami (prajurit Yonmarhanlan IX Ambon), dan Jalasenastri ranting A Cabang 1 Korcab Pasmar 3, mengunjungi kesejumlah warakawuri, dan melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kapahaha,”kata dia, kepada wartawan di wartawan di Mako Yonmarhanlan Ambon, Kamis (9/5).

Menurutnya, sebelum melaksanakan ziarah ke makam pahlawan Kapahaha, Tantui, pihaknya lebih dulu menyambangi para warakawuri.

“Kita kunjungi atau anjangsana itu kita laksanakan ke ibu Sarnawiya Dalosi istri dari almarhum Serda Marini Nahdiar Loli dan ibu Wa Ode Nisma isteri dari almarhum Serda La Ode Eta,”ujarnya.

Dijelaskan, anjangsana itu merupakan salah satu bentuk kepedulian Korps Marinir dalam hal ini Batalyon Marhanlan IX/Ambon, untuk berbagi rasa dan menjalin silaturahmi serta komunikasi.

“Selain itu anjangsana ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi warakawuri, keluarga besar Korps Marinir,”ujarnya.

Usai melaksanakan anjangsana, dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kapahaha.

Hehanussa mengaku, kegiatan ziarah itu diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan.

“Kemudian dilanjutkan peletakan karangan bunga di monumen tugu Pahlawan, setelah itu tabur bunga di pusara para pahlawan sebagai penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah mendharmabaktikan jiwa dan raganya bagi Nusa Bangsa,”tuturnya.

Ditegaskan, kegiatan tersebut merupakan wujud penghormatan terhadap jasa dan pengorbanan para Pahlawan Bangsa yang telah tiada.
“Dan sudah sepantasnya bagi generasi penerus bangsa untuk senantiasa mengingat dan menghargainya. Salah satunya adalah dengan melaksanakan ziarah ke taman makam Pahlawan,”pungkasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version