Halal Bihalal Unpatti, Momentum Kekuatan Solidaritas

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Melalui Solidaritas dan Persaudaraan, Keluarga Besar Universitas Pattimura (Unpatti) menggelar Halal Bihalal dengan sorotan tema “Kita Bergerak Bersama Menuju Unpatti Unggul”, bertempat di Auditorium Unpatti, Kota Ambon, Kamis, 2 Mei 2024.

Rektor Unpatti Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan, mengatakan, acara Halal Bihalal Unpatti sebagai momentum kekuatan membangun solidaritas dalam suatu bingkai orang basudara keluarga besar Unpatti untuk bergerak bersama menuju Unpatti unggul.

“Kita semua bergandeng tangan melewati tantangan dan naik ke puncak Unpatti. Melalui Halal Bihalal kita berdoa bersama supaya melalui semangat solidaritas, kita boleh melakukan semua tugas dan tanggungjawab sesuai fungsi masing-masing dan bahu membahu memajukan Unpatti sebagai milik kita, sehingga semua orang bisa melihat kemajuan Unpatti merupakan bagian dari kerja keras kita bersama,” ujar rektor.

Di kesempatan itu, Sekretaris MUI Maluku Ustad Abdul Manan Latuconsina, S.Ag., M.H, ketika menyampaikan Tausiyah Halal Bihalal, mengatakan bahwa momentum halal bihalal menjadi tradisi umat islam yang ada di Indonesia untuk sama-sama merajut cinta kasih dan meninggalkan semua kesalahan.

Oleh karenanya, hubungan yang baik antara manusia dan Tuhan maupun antara manusia dan sesama perlu dijaga dan dipelihara dengan baik, dan terus meningkatkan iman dan taqwa dengan melakukan hal-hal yang baik dalam kehidupan. Dan perbedaan yang merupakan anugerah Ilahi hendaknya menjadi kekuatan untuk membangun solidaritas dan membangun Unpatti ke depan.

“Inti perayaan halal bihalal saat ini adalah bagaimana membangun solidaritas yang ada di antara kita. Perbedaan itu harus menjadi kekuatan kita, oleh karena itu persaudaraan harus terus dibina untuk menjadikan perguruan tinggi ini menjadi perguruan tinggi yang baik dan sebagai kampus orang basudara,” tuturnya.

Ia berharap, melalui halal bihalal ini dapat meningkatkan hubungan persaudaraan di antara semua keluarga besar Unpatti, sehingga Unpatti sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Maluku dapat menjadi kebanggaan bersama, menjadi perguruan tinggi yang menyatukan orang basudara di Provinsi Maluku.

“Kita harus saling mensuport persaudaraan dan solidaritas. Karena tujuan besar itu akan tercapai jika terbangun solidaritas di antara orang-orang yang ada di dalamnya,” harapnya.

Perayaan halal bihalal dihadiri oleh sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpatti, dan dimeriahkan oleh suguhan seni dari mahasiswa Pertanian Unpatti. (ADV)

  • Bagikan

Exit mobile version