Sahubawa, Marasabessy dan Mirati Ramaikan Pilkada Malteng

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — MASOHI, — Gendang pemilihan bupati dan wakil bupati Maluku Tengah (Malteng) mulai ditabuh. Sejumlah nama bakal calon (Balon) pun bermunculan. Bahkan, warga Malteng sudah mengkotakkan tiga kekuatan besar yang akan bertarung.

Ketiga kekuatan itu yakni, kubu Penjabat Bupati Malteng, Rakib Sahubawa, mantan Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, dan Senator asal Maluku, Mirati Dewaningsih.

Marasabessy dan Mirati diketahui sudah menyambangi sejumlah partai politik untuk mengambil formulir.

Mirati yang merupakan istri dari mantan Bupati Malteng dua periode, Abdullah Tuasikal bahkan sudah mengambil formulir di tiga partai politik, yakni PDIP, PKB dan Demokrat.

Sekretaris Tim MD Irma Holidah kepada awak media di sela-sela pengambilan formulir menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan dan tim penjaringan partai politik yang telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di kabupaten Malteng.

“Perlu kami sampaikan permohonan maaf dari Ibu. Sebab, Ibu berkeinginan untuk mengambil formulir secara langsung, namun karena ada sibuk menjalankan tuags dinas, jadi kami diberi mandat untuk mewakili Ibu mengambil formulir pendaftaran,” kata Irma.

Sebelumnya, mantan Kadis PUPR Provinsi Maluku, Muhamat Marasabessy juga mengambil formulir di PDIP.

Informasi yang diterima, Mat –sapaan akrab Muhamat Marasabessy– disebutkan maju dengan kekuatan yang lumayan besar, seperti miliki donatur yang disebut merupakan salah seorang pemain tambang di Maluku Utara, juga disebut-sebut disupport mantan Wakil Walikota Ambon, Sam Latuconsina.

Lalu bagaimana dengan Rakib Sahubawa? Penjabat Bupati Malteng ini disebutkan saat ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat Maluku Tengah, selama setahun memimpin daerah itu.

Alhasil, tak sedikit warga Malteng yang berbondong-bondong mendorong Rakib maju sebagai bupati Malteng periode 2024-2029.

Menariknya, desas-desus yang berkembang, Rakib didorong penuh Murad Ismail yang hari ini menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur Maluku.

“Pak Murad itu saat ini sangat suka kepada pak Rakib. Sehingga dia mendorong pak Rakib maju sebagai bupati,” terang salah seorang kerabat Rakib Sahubawa kepada Rakyat Maluku, tadi malam.

Kusakaan Murad terhadap Rakib cukup beralasan. Pasalnya, Rakib dinilai berhasil mengawal istri gubernur, Widya Murad meraih suara maksimal di Maluku Tengah, hingga terpilih menjadi anggota DPR RI dari Dapil Maluku.

Hanya saja, hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian kapan orang nomor satu di Malteng itu bakal mendaftarkan diri ke partai politik. (syn)

  • Bagikan