Makin Cakap Digital di Ternate dengan Edukasi Penggunaan Listrik Aman

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) turut menyukseskan malam Apresiasi Gambesi Kampong Inspiratif dan Talkshow Makin Cakap Digital, pada Sabtu, 20 April 2024.

Kegiatan turunan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI itu diselenggarakan di Lapangan Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, dalam kegiatan akbar itu, PLN menghadirkan pasokan listrik yang andal dengan menyiagakan UPS 250 kVA sebagai peralatan back up dan setidaknya menurunkan 12 personel pada event tersebut.

Pada prinsipnya setiap event yang digelar di daerah kerja kami, PLN memainkan peran sesuai kapasitas kami pula. Event besar seperti ini perlu kami kawal sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar dan aman tanpa ada gangguan kelistrikan, ujar Awat.

Sesuai namanya, Makin Cakap Digital, PLN UIW MMU turut hadir untuk memberikan edukasi ke masyarakat terkait pemanfaatan teknologi digital dalam mengatasi dan memenuhi kebutuhan kelistrikan. Melalui PLN Ternate, Gerakan Pakai Aplikasi PLN Mobile disosialisasikan kepada kurang lebih 5.000 pengunjung di Lapangan Gambesi itu.

PLN menghadirkan salah satu produk andalannya yaitu super apps PLN Mobile. Aplikasi yang diciptakan PLN ini mempermudah masyarakat dalam Kelistrikan. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses seluruh layanan PLN dalam satu genggaman melalui handphone dari tempat masing-masing, tanpa harus datang ke kantor PLN terdekat. Layanan yang ditawarkan super apps milik PLN ini mulai dari fitur Token dan pembayaran, pengaduan pelanggan, catat meter, informasi pemadaman lokal, hingga simulasi biaya pemasangan baru yang dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara didownload melalui Playstore atau Appstore.

Sebagai Salah satu agenda talkshow dalam Acara tersebut, edukasi terkait Penggunaan Listrik yang Aman dan Produktif diberikan dengan hadirnya Manager ULP Ternate, Hadi Dwi Istiono sebagai pembicara.

Potensi kecelakaan yang disebabkan oleh korsleting listrik dapat kita cegah jika kita memahami bagaimana caranya memanfaatkan listrik secara aman, bijak dan benar. Untuk itu kami berharap kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap keselamatan jiwa dan lingkungan untuk menghindari kecelakaan, baik di rumah maupun di tempat usaha, sebut Hadi dalam sesi talkshow.

Adapun acara ini dihadirkan dengan tema ‘Menjadi Netizen Yang Bijak Dalam Bermedia Sosial . Kegiatan Literasi Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo RI untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. Dimeriahkan oleh bintang tamu Fresly Nikijuluw, serta penampilan memukau dari para musisi lokal Maluku Utara, seperti Alan Dharmawan, dan juga band lokal.

PLN UP3 Ternate berhasil menyasar sekitar 5000 orang agar dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile dan memberikan pehamaman bahwa aplikasi ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengunjungi kantor PLN. Tentunya ini merupakan Campaign yang harus digalakkan dengan menetapkan seluruh Generasi sebagai target campaign.

“Aplikasi ini sangat praktis. Semua dapat dilakukan dengan cepat dan hanya dalam 1 genggaman saja,” tambah Hadi.(CIK)

  • Bagikan