Cek Fakta, Minum Ramuan Bawang Putih, Pasien Tidak Perlu Pasang Ring Jantung

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — Beredar video di media sosial whatsapp mengklaim ramuan bawang putih dapat membuat pasien jantung tidak perlu memasang ring jantung. Video tersebut menyebutkan bahwa campuran antara satu siung bawang putih dan satu rimpang jahe dapat mengobati penyakit jantung.

Dilansir dari situs cek fakta:
dari turnbackhoax.id, klaim tersebut adalah tidak benar.

Sebab, faktanya, Dokter Spesialis Jantung dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA, mengatakan bahwa ada pasiennya yang mengeklaim tidak perlu pasang ring setelah mengonsumsi ramuan bawang putih secara rutin.

Ternyata setelah menjalani pemeriksaan, pasien tersebut memang tidak perlu pasang ring jantung, melainkan harus menjalani metode Bypass atau operasi bedah jantung terbuka. Alasannya karena penyempitan yang dialami pasien sudah sangat parah.

Dikutip dari laman resmi Kemenkes, konsumsi bawang putih sebanyak empat siung per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Namun, jangan lupa untuk menilai risiko penyakit jantung dan kardiovaskular secara keseluruhan, bukan hanya dari satu komponen, dan tidak bergantung sepenuhnya terhadap bawang putih.

Informasi mengenai ramuan bawang putih yang diklaim dapat menghindarkan pasien jantung dari pemasangan ring jantung merupakan informasi yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Anggarino Damay menyatakan penggunaan obat herbal terutama ramuan bawang putih untuk pasien jantung perlu dikonsultasikan kebenarannya terlebih dahulu.

Rujukan

https://http–

https://www.suara.com/health/2019/05/22/150000/ramuan-bawang-putih-buat-pasien-jantung-tak-perlu-pasang-ring-mitos-fakta –

https://www.youtube.com/watch?v=kxA2dnUaiZs –.

  • Bagikan