Pembekalan Bagi Mahasiswa KKN Unpatti, Rektor Harap Wujudkan Literasi Unggul di Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 50 Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 Universitas Pattimura (Unpatti) mengikuti pembekalan yang dilaksanakan secara Hybrid di Auditorium Fakultas MIPA Unpatti dan diikuti oleh perwakilan setiap fakultas dan melalui Meeting Zoom serta kanal Youtube, berlangsung dari tanggal 4-5 April 2024.

Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya berharap para mahasiswa KKN Unpatti dapat bergerak bersama memberikan edukasi kepada masyarakat dan berperan aktif dalam pengembangan desa sesuai dengan bidang keilmuan untuk mewujudkan literasi yang unggul di Maluku.

“Hal ini sebagaimana tema KKN yang diangkat yaitu Membangun Desa Melalui KKN, dan sub tema yaitu Mahasiswa KKN Unpatti Bergerak Serentak Mewujudkan Literasi dan Numerasi Yang Unggul di Maluku,” katanya.

Dikatakan Rektor, tema dan sub tema yang diangkat pada KKN kali ini menjadi penting mengingat Universitas Pattimura memiliki pusat studi desa yang dalam pengelolaan ke depan harus memiliki data terkait potensi desa

“Baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang nantinya dapat dikelola dan dikembangkan berbasis digitalisasi,” katanya.

Rektor menjelaskan, proses KKN merupakan salah satu cara sosialisasi yang nyata untuk menunjukan bahwa mahasiswa unpatti mampu bekerja cerdas, creative dan terampil untuk melakukan berbagai inovasi dalam mengelola potensi desa yang ada untuk memberikan perubahan demi pengembangan desa kedepan.

“Kemampuan mahasiswa KKN dalam bersosialisasi maupun mengimplementasikan ilmu di tengah-tengah masyarakat menjadi salah satu tindakan nyata dalam mensosialisasikan Universitas Pattimura, sehingga masyarakat dapat mempercayakan anak-anaknya untuk melanjutkan studi di Universitas Pattimura,” tutup Rektor.

Di kesempatan itu, Ketua Tim Mata Kuliah KKN Unpatti, Dr. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd, dalam laporannya mengatakan, mata kuliah KKN merupakan salah satu program mata kuliah wajib dari peraturan akademik Universitas Pattimura yang perlu diimplementasikan oleh setiap mahasiswa dilingkup Unpatti.

“KKN Unpatti Angkatan 50 Gelombang II Tahun Akademik 2023/2024 diikuti oleh 1.321 mahasiswa yang dilaksanakan dengan skema yaitu, KKN Reguler, KKN Tematik Kelompok, KKN Tematik Individu, dan KKN Profesi,” paparnya.

Untuk KKN Reguler, lanjut Ritiauw, mahasiswa KKN tersebar pada 90 lokasi di Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, KKN Tematik Kelompok yang diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik tersebar di 9 lokasi, KKN Tematik Individu 237 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, dan KKN Profesi diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari Fakultas MIPA yang tersebar di 31 lokasi.

“Sehingga harapannya, melalui kegiatan KKN, mahasiswa Unpatti dapat bergerak serentak mewujudkan literasi dan numerasi yang unggul di Maluku,” terangnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan atribut KKN kepada perwakilan mahasiswa, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Hussein, S.Pd. M.Pd tentang “Peran Pemerintah Daerah dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerik di Provinsi Maluku”.

Dilanjutkan penyampaian materi oleh Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd.,M.Pd tentang “Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerik Peserta Didik di Provinsi Maluku, kemudikan materi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Dominggus Malle, S.Pt.,M.Sc tentang “Peran Mahasiswa Universitas Pattimura Dalam Membangun Masyarakat Dengan Literasi Dasar”.

Dilanjutkan materi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. Salakory, M.Kes tentang “Etika Dalam Kehidupan Bermasyarakat”, materi oleh Ketua Tim Mata Kuliah KKN Unpatti, Dr. S. P. Ritiauw, S,Pd.,M.Pd tentang “Orientasi Program KKN Unpatti (Identifikasi, Implementasi dan Target Prioritas Program KKN).

Kemudian penyampaian materi oleh Kordinator Bidang Publikasi dan Luaran, Dr. Hendry Selano,S.Sos., M.Si tentang “Petunjuk Teknis Pelaksanaan KKN”, dan penyampaian materi oleh Kordinator Bidang Kurikukum dan Akademik, Dr. Kevin Tupamahu, S.E., M.Sc tentang “Pelaporan, Evaluasi dan Luaran Kegiatan KKN”.

Direncanakan penetapan mahasiswa KKN dilakukan pertengahan April 2024. (ADV)

  • Bagikan