2.725 Personel Gabungan Amankan Idul Fitri

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Sebanyak 2.725 personel gabungan Polri/TNI, dan instansi terkait disiapan untuk mengamankan Idul Fitri 1445 Hijrah.
Personel ini terdiri dari Polda Maluku sebanyak 220 orang; TNI 437 orang, Polres/ Polresta 1.746 dan intansi terkait 355 orang.

“Untuk cara bertindak dalam seluruh kegiatan Ops Ketupat Salawaku 2024 sudah dimapping dan dilaksanakan oleh seluruh personel TNI, Polri dan Instansi terkait,” ungkap Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin, saat Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan Idul Fitri 1445 di Mapolda Maluku, Senin, 1 April 2024.

Ia mengatakan, Polda Maluku akan melaksanakan operasi Ketupat Salawaku Tahun 2024. Personel pengamanan yang akan dilibatkan sejumlah 2.725 anggota.

Sebelumnya, Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan, Rakor ini tindak lanjut dari hasil Rakor Mabes Polri pada 20 Maret 2024, disamping itu pula Rakor ini juga sebagai wujud kesiapan baik Polri, Pemda, TNI maupun instansi terkait dalam menghadapi perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolda mengatakan, Polri dalam menghadapi perayaan Idul Fitri akan menggelar operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia, yaitu operasi Ketupat 2024. Operasi ini akan dilaksanakan selama 13 hari terhitung dari tanggal 4-16 April 2024.

“Untuk kesiapan dan kelancaran operasi dimaksud, Polri melaksanakan simulasi dan koordinasi serta Rakor dengan semua pihak untuk bersama sama bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing demi untuk kelancaran pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024,” jelasnya.

Sementara Gubernur Maluku, Murad Ismail mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta menjaga stabilitas ekonomi dan pangan menjelang perayaan Idul Fitri, pemerintah provinsi telah melakukan berbagai upaya guna menjaga ketersediaan stok pangan di pasar.

“Hal ini perlu ditindaklanjuti melalui kerja sama antar pihak terkait dalam upaya mengintensifkan pemantauan dan sinergi pengawasan, memastikan ketersediaan stok dan pasokan komoditas pangan, memastikan kelancaran pasokan dan komunikasi positif terhadap ketersediaan bahan pokok kepada masyarakat,” kata Gubernur melalui Kepala Kesbangpol Deny Eduard Indey.

Untuk pengamanan dan pengendalian serta ketersediaan dan kelayakan moda transportasi angkutan lebaran, diharapkan kepada seluruh pihak terkait dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat demi kelancaran arus mudik lebaran tahun 2024.

“Pemda Maluku bersama pemerintah pusat menyediakan fasilitas mudik gratis angkutan lebaran 1445 Hijriah tahun 2004 kepada masyarakat di Provinsi Maluku,” ujarnya

Sedangkan Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Syafrial lewat Kasdam Brigjen TNI Agung Pambudi menyampaikan, situasi keamanan di Maluku saat ini menunjukkan kondusifitas yang cukup baik. Ini tentunya merupakan upaya dari seluruh stakeholder terkait dalam melakukan berbagai kegiatan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban wilayah yang selalu terjaga terutama selama bulan Ramadhan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama perayaan Idul Fitri merupakan momentum yang sangat ditunggu tunggu oleh umat Islam di seluruh Indonesia termasuk di Maluku, ini adalah momen kemenangan virtual setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, oleh karena itu menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan ini menjadi prioritas utama bagi kita semua,” ungkapnya.

Pengamanan Idul Fitri, Kodam Pattimura akan memberikan dukungan kepada Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dukungan yang diberikan oleh TNI kepada Polri mencakup berbagai aspek mulai dari Penjagaan titik rawan (Pelabuhan, bandar udara, pusat keramaian, pusat rekreasi, rumah ibadah dan lain lain) patroli bersama hingga kegiatan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

“Maluku yang memiliki keanekaragaman budaya dan agama, sikap saling menghormati dan memahami antar umat beragama sangatlah penting, marilah kita jadikan personal fitur ini sebagai momentum untuk memperkuat persaudaraan dan meningkatkan toleransi antar umat beragama di tengah tengah masyarakat kita,” ajaknya. (AAN)

  • Bagikan