Tiga Nama Calon Pj. Wali Kota Ambon Bakal Diusulkan ke Kemendagri

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Ada Tiga nama calon Pj Wali Kota Ambon, yang bakal diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pasalnya
menjelang akhir masa tugas Pj Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena pada 23 Mei 2024 mendatang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Provinsi Maluku perihal pengusulan nama-nama calon Pj. Wali Kota Ambon.

Tiga nama itu masing-masing, Melky Lohy, Valentino S. Sumitro, dan Apries Gaspers.

“Tiga nama itu sebelumnya telah dibahas oleh fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, dan telah diputuskan melalui rapat paripurna internal yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Kota Ambon, Kamis 28 Maret 2024,” kata Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta.

Tiga nama yang telah diputuskan oleh DPRD itu akan diusulkan malam ini secara online. Setelah itu baru disusul dengan berkas fisiknya.

Berdasarkan surat edaran yang diterima DPRD Kota Ambon, batas waktu pengusulan calon Pj. Wali Kota itu sampai dengan tanggal 1 April 2024 mendatang.

“Jadi tiga nama itu diusulkan oleh DPRD. Nanti tiga nama diusulkan oleh Gubernur Maluku, dan tiga nama lagi dari Kemendagri RI, setelah itu baru akan mengerucut,” jelasnya.

Menurutnya, nama-nama itu diusulkan berdasarkan kepangkatan yang dipersyaratkan oleh aturan yang berlaku. (MON)

  • Bagikan