Noach Masih Tangguh di MBD

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Th Noach ST dinilai masih tangguh sebagai petahana dalam perhelatan pemilihan kepala daerah yang bakal digelar 17 November 2024 mendatang di kabupaten bertajuk Kalwedo itu.

Demikian penilaian yang disampaikan Jhon Letemulu, salah satu tokoh pemuda MBD kepada wartawan, Senin 25 Maret 2024 di Ambon.

Menurut dia, berdasarkan hasil pemilihan legislatif yang baru saja usai, bupati yang akrab disapa Oyang itu masih memiliki peluang yang sangat besar untuk memenangkan pertarungan politik.

”Beliau masih sangat tangguh dan sulit untuk bisa dikalahkan. Ini realita politik. Apa lagi masyarakat MBD saat ini sangat bersimpati kepadanya karena memang pembangunan di MBD merata di semua kecamatan, tidak ada kecamatan yang dianaktirikan. Pembangunan juga menyentuh sampai ke masyarakat yang paling bawah. Itulah penyeban beliau dicintai masyarakat,” kata Letemulu.

Ditambahkan, terlepas dari kekuarangan Noach, termasuk yang terakhir viral terkait kasus kekerasan verbal yang terjadi pada salah satu staf di lingkup pemerintahan itu, namun bupati MBD itu punya kelebihan yang mesti diakui oleh semua pihak.

”Yang saya sampaikan ini adalah fakta,” tambahnya pula.

Letemulu lalu mengungkapkan, saat ini ada wacana yang berkembang terkait figur-figur yang akan maju menjadi rival Noach dan Kilikily. Mereka antara lain, Odie Orno yang diisukan bakal berpasangan dengan salah satu dari dua figur yaitu Jefry Makuku dan Friets Perra, lalu Melky Frans dengan Ismail Kaiuteru, dan Anos Yermias dengan Ismail Kaiteru atau Hia Dasmasela.
Hanya saja, kata dia, figur-figur ini dinilai belum bisa mengalahkan Noach.

”Memang, ada pihak-pihak yang memanfaatkan kasus kekerasan verbal itu, khusus untuk wilayah Dapil 1 di MBD, sehingga dari dapil itu akan ada konfigurasi pasangan yang menurut mereka bisa mengancam incumben, tapi menurut saya, justru penggiringan opini seperti ini yang nantinya membuat pak Oyang akan menang telak,” tegas dia.

Letemulu juga mengungkapkan, jelang Pilkada, di MBD saat ini cukup panas, apa lagi pasca pileg kemarin. Banyak tokoh politik yang memilih mengambil langkah perlawanan terhadap Bupati MBD itu, tapi mesti diakui bahwa Noach masih unggul.

”Saya justeru mau sarankan agar tokoh-tokoh politik ini sebaiknya bersatu. MBD itu khan terkenal dengan Hnyoli Lieta sebagai budaya, jadi baiknya ada rekonsiliasi politik. Dengan begitu, keamanan dan ketentraman masyarakat bisa terjamin, ketimbang harus ada gejolak yang terjadi antara pendukung masing-masing,” harap Letemulu. (NAM)

  • Bagikan