Baznas Ternate Targetkan Kumpulkan Zakat Rp7 Miliar

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — TERNATE, — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menargetkan mengumpulkan zakat tahun 2024 mencapai Rp7 miliar untuk zakat dengan rincian zakat fitrah, infak dan sedekah.

“Kami diberikan target untuk tahun ini mencapai Rp7 miliar, karena tahun lalu Baznas Kota Ternate mencapai Rp6 miliar,” kata Wakil Ketua I Baznas Ternate Mu’min Arif di Ternate, Senin, 25 Maret 2024.

Dia mengatakan untuk mencapai target yang ditetapkan Baznas RI sebesar Rp7 miliar tersebut, pihaknya langsung melakukan sosialisasi ke Pemkot Ternate, Forkompimda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Ternate, pimpinan BUMN, BUMD, pimpinan instansi vertikal dan berbagai organisasi yang ada di Kota Ternate.

“Tentunya, kami berharap agar target tersebut bisa terealisasi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan jika target yang diberikan bisa terealisasi, akan ada program yang disiapkan dari Baznas Kota Ternate, salah satunya mendirikan rumah singgah.

“Selama ini Ternate merupakan kota yang sering disinggahi, sehingga ada warga yang datang ke Ternate dan tidak memiliki sanak keluarga, mereka bisa tinggal di rumah singgah tersebut,” katanya.

Sedangkan bantuan untuk fakir miskin, lanjut dia, tetap menyalurkan seperti yang dilakukan setiap bulan.

Dia menambahkan pada 5 April 2024, akan dilakukan pembayaran zakat secara serentak di semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Ternate.

“Dimulai dari Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman serta Forkompimda kota setempat,” katanya.

Sementara itu, zakat fitrah di Kota Ternate pada Ramadhan 1445 Hijriah ditetapkan sebesar Rp45ribu, hasil kesepakatan antara Kementerian Agama bersama Pemkot Ternate yang melibatkan sejumlah imam masjid di daerah ini.

Pada tahun 2023, zakat fitrah di Kota Ternate sebesar Rp37.500, tahun ini dinaikkan karena sejumlah harga komoditas pangan di pasaran naik. (ANT)

  • Bagikan