Rektor Unpatti Terima Barang TPS 3R dan SANIMAS

  • Bagikan
SERAH TERIMA. Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd (dua dari kiri) berjabat tangan dengan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Reza Rizka Pratama, S.T (dua dari kanan), usai penandatanganan berita acara serah terima barang prasarana dan sarana TPS 3R dan Barang Kegiatan SANIMAS, bertempat di Ruang Rektor Unpatti, Rabu, 20 Maret 2024. Rektor didampingi Wakil Rektor II Unpatti, DR Ruslan Tawari.

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Rektor Universitas Pattimura (Unpatti), Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd menerima Barang Prasarana dan Sarana Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dan juga Barang Kegiatan Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penerimaan secara simbolis tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara Serah Terima Barang Prasarana dan Sarana TPS 3R dan Barang Kegiatan SANIMAS antara Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Reza Rizka Pratama, S.T, bertempat di Ruang Rektor Unpatti, Rabu, 20 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd mengatakan, saat ini permasalahan sampah sering terjadi dilingkungan masyarakat. Olehnya itu, Universitas Pattimura dipilih sebagai salah satu tempat untuk pengelolaan sampah.

“Unpatti sudah membentuk tim yang akan mengelola tempat dan alat, tetapi juga untuk mengelola permasalahan sampah berbasis SANIMAS,” katanya.

Dia menjelaskan, kampus atau perguruan tinggi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat para akademisi, pegawai dan juga masyarakat umum. Hal ini tentu membuat berbagi macam sampah berada dimana-mana.

“Karena itu, melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Kementerian PUPR, maka diharapkan agar semua peralatan yang ada pada wilayah Unpatti dapat dijaga dan dikelola dengan baik, sehingga mampu mengurangi permasalahan sampah di kampus,” harap Rektor.

Di kesempatan itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Reza Rizka Pratama, S.T, juga berharap agar infrastruktur yang dibangun saat ini dapat bermanfaat dan berfungsi bagi kawasan kampus, serta dapat dikelola dengan baik sehingga mengurangi masalah persampahan dikawasan Kampus Universitas Pattimura.

“Untuk SANIMAS dipusatkan pada kompleks Asrama Putera dan Puteri Universitas Pattimura dengan tujuan untuk mengelola air limbah, sehingga terjadi peningkatan kualitas lingkungan yang lebih baik,” harapnya.

Turut hadir, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun, S.Pd, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Ruslan H. S. Tawari, M.Si, Kepala Satker BPPW Maluku, Riduan Kristian P. Manik, S.Kom., S.T., M.Si dan PPK Sanitasi Maluku, Marthinus Latumahina, S.T.

Diketahui, penyelenggaraan TPS-3R merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan SANIMAS merupakan program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi, khususnya pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh miskin perkotaan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat. (ADV/ RIO)

  • Bagikan