22 Caleg Baru Masuk DPRD Maluku

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku telah mengesahkan dan menetapkan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku terpilih periode 2024-2029 setelah rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 dilakukan, Selasa, 18 Maret 2024 lalu.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini, dari 45 kursi di DPRD Maluku, ada 22 nama baru yang akan duduk. Sisanya 23 kursi tetap dikuasai orang lama atau anggota DPRD Maluku periode 2019-2024.

Mereka yang merupakan nama baru antara lain, untuk Dapil Maluku 1 atau Dapil Ambon adalah Rimaniar Hetharia dari Partai NasDem dapil 1 (Ambon), Nita Bin Umar dari PAN dan Ari Sahertian dari PKB.

Sementara untuk Dapil Maluku II atau Dapil Buru -Buru Selatan, wajah baru masing-masing, M Akmal Soulisa dari PDIP, Dali Fahrul Syarifudin dari PPP, Solihin Buton dari PKS, Ridwan Munir dari NasDem.

Menariknya dari Dapil Maluku II yang punya jatah lima kursi ini, semua yang lolos adalah orang baru.

Wajah baru yang lolos di Dapil Maluku III atau Maluku Tengah, masing-masing M Reza Mony dari Hanura, Alhidayat Wadjo dari PDIP Sukri Wailissa dari PKB.

Di Dapil Maluku IV atau Seram Bagian Timur, ada dua wajah baru, masing-masing Noaf Rumauw dari PKS dan Abdul Kelilauw dari NasDem.

Untuk Dapil V atau Seram Bagian Barat, wajah baru masing-masing La Nyong dari PDIP Timotius Akerina dari NasDem dan Ibrahim Ruhunussa dari PAN.

Di Dapil Maluku VI atau Maluku Tenggara, Tual dan Aru, wajah baru yang berhasil lolos adalah Soleman Letsoin dari Hanura, Fausan Rahawarin dari NasDem, Welhelm Daniel Kurnala dari Perindo dan Hasyim Rakayaan dari Demokrat.

Di Dapil Maluku VII, ada tiga wajah baru, masing-masing, Yan Zamora Noach dari PDIP, Andreas Taborat dari PDIP dan Jefry Jaran dari Demokrat

Dari tujuh Dapil di Provinsi Maluku, PDI Perjuangan menyumbang delapan kursi dan menjadikannya sebagai pemenag Pileg di Maluku. Diikuti partai NasDem dengan enam kursi, Gerindra lima kursi dan empat kursi masing-masing Golkar, PKS, PKB dan Demokrat. (NAM)

  • Bagikan