Gagal di Pileg, Rustam Lirik Kursi Wawali

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Perhelatan pemilihan legislatif (pileg) DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Maluku tahun 2024 telah selesai. Masyarakat juga telah mengetahui siapa saja calon anggota legislatif (caleg) yang bakal dilantik sebagai penyambung lidah rakyat periode 2024-2029.

Dan kini, masyarakat Maluku kian hangat memperbincangkan soal pemilihan kepala daerah Pilkada (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024 mendatang, khususnya pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Ambon.

Tak hanya masyarakat, sejumlah partai politik juga mulai mempersiapkan dan mempromosikan kader-kader terbaiknya untuk diusung sebagai calon Walikota dan Wawali Kota Ambon.

Informasi yang diperoleh media ini, Wakil Ketua DPRD Ambon, Rustam Latupono, yang kalah pada Pileg 2024 kemarin akibat akumulasi suara partai, disebut-sebut bakal siap maju kembali pada Pilkada Kota Ambon dengan menempati posisi sebagai calon Wawali.

Sebab, anggota DPRD Kota Ambon tiga periode itu dinilai sebagai kader Partai Gerindra yang potensial dan telah teruji duduk bersama rakyat dan memperjuangkan hak-hak rakyat.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Edison Lapalelo, mengakui bahwa isu tentang Rustam Latupono yang melirik kursi Wawali Ambon, bukanlah wacana baru, melainkan telah diwacanakan sejak Pilkada Kota Ambon sebelumnya.

“Soal wacana Pak Rustam akan maju sebagai bakal calon Wawali, ini bukan wacana baru, sudah dari Pilwalkot sebelumnya,” akui Edison, saat dikonfirmasi media ini via telepon, Selasa, 19 Maret 2024.

Menurutnya, secara personal, Rustam Latupono telah menunjukan memiliki banyak suara pada pertarungan Pileg 2024. Olehnya itu, tinggal mendapatkan restu dari partainya.

“Jadi, secara personality tidak ada persoalan kalau partainya merestui, kenapa tidak, tinggal di komunikasikan saja dengan figur-figur yang kini mulai center akan maju sebagai calon walikota,” tuturnya.

Di tanya soal siapa calon Walikota Ambon yang cocok berdampingan dengan Rustam Latupono, Edison mengatakan bahwa sosok Rustam secara personal terbuka dan berpeluang diusung dengan siapa saja.

Seperti misalnya yang terwacana saat ini sekitar enam atau tujuh orang, di antaranya, Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandy Wattimena.

“Jadi, jangan kita batasi ruang gerak politik Pak Rustam dengan figur tertentu. Hal yang paling mendasar adalah bukan soal siapa figur calon walikota yang cocok, tetapi adakah partai yang merekomendasikan atau adakah personaliti politik dengan partai politik itu sendiri. Saya kira tergantung komunikasi politik, baik personaliti maupun partai politik,” jelas Edison.

“Kalau misalnya saya pasangkan Rustam dengan Bodewin Wattimena atau Yance Wenno atau dengan Agus Ririmase, tapi kalau instrumen partai politik maunya lain bagaimana,” sambungnya.

Terkait hal itu, Rustam Latupono yang berhasil dikonfirmasi media ini mengatakan bahwa dirinya belum bisa memberikan komentar.

“Besok jua (saja).. bt (saya) ada kegiatan,” singkat Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Ambon itu, membalas pesan WhatsApp (WA) yang diterima media ini. (RIO)

  • Bagikan