Maknai Ramadhan, Pemuda BTN Kebun Cengkeh Gelar AKRAM Expo

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID, — AMBON, — Dalam memaknai Ramadhan 1445 H, pemuda RW 15 di Kompleks BTN Kebun Cengkeh, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, mengadakan kegiatan Anak Kompleks Kampung Ramadhan (AKRAM) Expo, bertempat di BTN Kebun Cengkeh, mulai 16 Maret sampai dengan 8 April 2024.

Ketua Panitia AKRAM Expo, M. Fadli Toisuta, mengatakan AKRAM Expo adalah kegiatan amal yang dilakukan oleh para pemuda Kompleks BTN Kebun Cengkeh yang tidak memiliki aktivitas selama Bulan Suci Ramadhan. Sehingga, dilakukan kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para pemuda selama Ramadhan dengan tujuan untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

“Ini karja amal saja. Tujuannya, pertama karena para pemuda ini kan tidak punya aktivitas ramadhan. Jadi kanapa katong lakukan ini, supaya teman-teman muda ini ada giat untuk melakukan kreativitas dan inovasi untuk ramadhan. Kita juga berkolaborasi dengan RW 15 di BTN Kebun Cengkeh, lalu muncullah kegiatan AKRAM ini. Jadi, ini inisiasi dari teman-teman pemuda dan giat ini difokuskan untuk salah satu objek expo untuk pemberdayaan UMKM,” terang Toisuta.

Dia menjelaskan, lahirnya AKRAM Expo ini karena banyak masyarakat dari BTN Kebun Cengkeh dan STAIN yang turun mencari takjil di Batumerah namun terhambat oleh kondisi jalan lalu lintas yang macet.

“Di jalur turun-turun Batumerah itu kan sering macet, makanya makanya kita membuat salah satu objek untuk bagaimana bisa menarik pembeli untuk masuk ke sini (BTN Kebun Cengkeh),” jelas Toisuta.

Dikatakan Toisuta, Grand Opening AKRAM Expo akan dibuka langsung oleh Pj. Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, bersama Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, pihak perwakilan Kantor OJK, dan para sponsor yang mendukung AKRAM ini.

“Untuk grand opening rencananya akan dilakukan hari rabu tanggal 20 Maret dan dibuka langsung oleh Pj Walikota Ambon, ketua DPRD Kota Ambon dan sekaligus OJK, dan para sponsor yang membantu partisipasi dalam kegiatan AKRAM ini,” terang Toisuta.

Toisuta menjelaskan, kegiatan yang akan dilaksanakan dari tanggal 16 Maret – 8 April 2024 ini bersumber dari anggaran partisipasi warga BTN Kebun Cengkeh dan dukungan dari sponsor. Ia juga menambahkan bahwa dalam pertengahan AKRAM Expo, akan diadakan Sembako Pasar Murah sekitar 3 atau 4 April 2024, dan Harmoni Religi pada 5 April 2024 setelah Salat Tarawih.

“Jadi untuk sumber anggaran, ini partisipasi dari warga dan ada beberapa sponsor juga, tetapi untuk sponsor ini cuman membantu secara fisik saja, seperi tenda dan lain-lain,” ungkap Toisuta.

“Dan ada juga dari Pemerintah Kota Ambon dan Dinas Pariwisata yang akan terlibat dalam kegiatan Harmoni Religi, itu penyanyi-penyanyi lokal, itu semua dibina oleh Pemerintah Pariwisata Kota Ambon dan akan kita lakukan di objek expo ini,” tambah Toisuta.

Toisuta menegaskan AKRAM Expo ini akan diadakan rutin sebagai event tahunan selama Ramadhan, serta para pelaku UMKM dalam kegiatan ini akan dibina.

“Jadi untuk kegiatan ini akan dilaksanakan rutin sebagai event tahunan. Jadi nanti untuk setiap tahun, kegiatan ini akan kita laksanakan, dan para pelaku UMKM ini akan kita bina, dan kita akan koordinasi untuk nanti salah satu bank di maluku nanti akan fasilitasi,” pungkasnya. (RIO)

  • Bagikan