Mari Waspada Hujan dan Angin Kencang

  • Bagikan

Pohon Tumbang di Sejumlah Titik

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — AMBON, — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Maluku mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem pada sejumlah wilayah di Provinsi Maluku.

Beberapa wilayah di Maluku diperkirakan akan diterjang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang hingga malam nanti.

Peringatan dini cuaca esktrem itu diumumkan BMKG pada Minggu 17 Maret 2024 sekitar pukul 18.59 WIT.

Potensi itu terjadi di enam wilayah kabupaten/kota, yakni Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Di Kota Ambon, cuaca ekstrim terjadi di wilayah Kecamatan Nusaniwe dan sekitarnya. Di Kabupaten Malteng, berpotensi terjadi di Seram Utara, Banda, Leihitu, Seram Utara Barat, Leihitu Barat, Telutih, Seram Utara Timur Seti, dan Seram Utara Timur Kobi.

Di SBT cuaca ekstrim diperkirakan terjadi di Bula, Werinama, Tutuk Tolu, Siwalalat, Kilmury, Bula Barat, dan Teluk Waru. Sedangkan di SBB, itu meliputi wilayah Taniwel, Huamual Belakang, Kepulauan Manipa dan juga Taniwel Timur.

Di Kabupaten Kepulauan Aru, cuaca ekstrim terjadi di Aru Selatan, dan Aru Selatan Utara. Sedangkan di Kabupaten Bursel diprakirakan meliputi Namrole, Waesama, Leksula, Fena Fafan, dan Ambalau.

BMKG juga melaporkan peringatan dini cuaca ekstrem tersebut bisa meluas ke . Kabupaten Malteng yakni di Amahai, Saparua, Pulau Haruku,Nusa laut dan Saparua Timur.

Kabupaten Buru yakni Waeapo, Waplau, Waelata, Warabual, Teluk Kaiely, Lilialy.

Di Kabupaten SBB itu yakni Huamual dan Seram Barat. Di Kabupaten Kepulauan Aru, yakni Aru Tengah dan Aru Selatan Timur. Di Kabupaten Bursel itu yakni Kepala Madan.

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21:00 WIT,” jelas BMKG.

Selain itu, hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Maluku termasuk Kota Ambon, sepekan terakhir ini, menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik dan rumah yang mengalami kerusakan.

Sabtu 16 Maret, pohon tumbang terjadi diantaranya di Jalan Sultan Hairun, tepatnya di Lampu Merah Bank BCA dan Kantor Gubernur Maluku, Jalan Jenderal Sudirman —yang menimpa satu unit mobil, di Hunut, Depan Gereja Latta, dua pohon sukung tumbang menimpa rumah warga.

“Hujan serta angin kencang kemarin itu mengakibatkan pohon tumbang di sejumlah titik,” kata kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Fahmi Salatalohy, Minggu 17 Maret 2024.

Selain pohon tumbang, angin kencang juga mengakibatkan rumah warga mengalami kerusakan, seperti atap rumah yang terangkat dan lainnya.

Dari kejadian itu, kata Salatalohy, pihaknya terus melakukan koordinasi untuk memberikan bantuan kepada warga.

“Kami sedang dan terus melakukan koordinasi untuk validasi data dan bantuan darurat telah kami salurkan ke keluarga korban langsung malam ini di kantor BPBD Kota Ambon,” ujarnya.

(MON)

  • Bagikan