Cek Fakta; Salah Cak Imin Beri Selamat Kepada Prabowo Presiden Mendatang

  • Bagikan

RAKYATMALUKU.FAJAR.CO.ID — Beredar vidio dengan narasi Cak Iming mengakui kekalahan, sekaligus memberikan selamat kepada Presiden Probowo Mendatang. Vidio itu Beredar luas di media sosial.

Penelusuran cek Fakta, Dilansir dari situs cekfakta.com yang dipublish tanggal 21 Februari 2024 menyebutkan, Akun Snack Video dengan nama @indrapratama875 mengunggah sebuah video yang bersumber dari berita di kanal YouTube Kompas.

Pada video tersebut terlihat Prabowo Subianto dengan Cak Imin sedang melakukan konferensi pers. Video dengan Cak iming dan Probowo itu, dinarasikan sebagai momen cak Imin mengucapkan selamat kepada Prabowo sebagai Presiden mendatang.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa konteks video tersebut tidak ada kaitannya dengan perolehan suara Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Video tersebut merupakan cuplikan konferensi pers yang diadakan oleh Prabowo dan Cak Imin usai mengadakan kunjungan di kediaman Prabowo di Kartanehara, Jakarta Selatan pada 10 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Cak Imin mengucapkan selamat kepada Prabowo karena survei elektabilitasnya makin naik di dalam lembaga survei.

“Selamat kepada pak Prabowo surveinya semakin tinggi dan bagus, Gerindra juga naik terus pak ini suaranya, tanda-tanda juara pemilu juga ini,” ucap Cak Imin.

Dengan demikian klaim pada video yang beredar terkait ucapan selamat Cak Imin kepada Prabowo atas kemenangannya pada Pemilu 2024, tidak benar.

Ucapan selamat dari Cak Imin kepada Prabowo karena survei elektabilitasnya makin naik di dalam lembaga survei pra-Pemilu, sehingga tidak ada kaitannya dengan perolehan suara Prabowo pada saat Pemilu 2024.

Rujukan
https://http

https://amp.kompas.com/nasional/read/2023/04/10/18093961/bukber-bareng-cak-imin-prabowo-klaim-cuma-pertemuan-berkala

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2023/04/10/19354171/elektabilitas-prabowo-kalahkan-ganjar-dan-anies-di-survei-lsi-cak-imin-tanda. (MON)

Ikuti berita terbaru rakyatmaluku.fajar.co.id di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

  • Bagikan